Yamaha

Jangan Termakan Hoaks, Ini Aplikasi Citra Buatan Pemkot Cirebon Untuk Menghalaunya

  Senin, 24 Juni 2019   Erika Lia
Logo aplikasi Citra yang dibuat DKIS Kota Cirebon. Melalui salah satu kontennya, aplikasi yang dapat diunduh masyarakat luas melalui Google Play Store itu, dapat dimanfaatkan publik untuk mengetahui hoaks yang beredar. (Erika Lia/Ayocirebon.com)

KESAMBI, AYOCIREBON.COM--Pesatnya informasi di era digital telah menaikkan standar peredaran informasi (bukan berita) bohong alias hoaks. Maka, hati-hatilah mengonsumsi setiap informasi yang Anda terima.

Untuk menghalaunya, Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon melalui Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (DKIS) Kota Cirebon melahirkan sebuah aplikasi yang memungkinkan Anda mengetahui hoaks-hoaks yang beredar. Diciptakan dengan nama Citra yang merupakan kependekan dari Cirebon dalam Berita, aplikasi ini kini sudah dapat diunduh melalui Google Play Store.

AYO BACA : Cek Fakta, Jurus Ayo Media Network Perangi Hoaks

Kepala Seksi Hubungan Media DKIS Kota Cirebon, Catur Wulan Anggraeni mengatakan, aplikasi Citra merupakan upaya Pemkot Cirebon mengurangi dampak hoaks. Bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) RI, salah satu konten dalam Citra berisi informasi-informasi bohong yang dilengkapi klarifikasi Kemenkominfo.

\"Saat ini hoaks sudah sangat meresahkan masyarakat dan Pemkot Cirebon berkewajiban meminimalisir dampaknya. Salah satu upaya dengan berkolaborasi bersama Kemenkominfo untuk menangkal informasi hoaks, yang kami masukkan dalam konten aplikasi Citra,\" terangnya kepada Ayocirebon.com, Senin (24/6/2019).

AYO BACA : Mentan Sawer Petani Cirebon dan Ajak Perangi Hoaks

Dia mengungkapkan, Pemkot Cirebon sendiri pernah menjadi salah satu 'korban' hoaks beberapa bulan lalu. Informasi bohong yang disebar melalui media sosial dan aplikasi percakapan itu 'mengumumkan' penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di lingkungan Pemkot Cirebon pada tahun ini. Padahal pemerintah pusat sendiri belum mengeluarkan pemberitahuan resmi.

Selain konten berisi klarifikasi dari Kemenkominfo terkait hoaks yang beredar di masyarakat, setidaknya terdapat dua konten lain dalam Citra. Kedua konten itu masing-masing Berita Kota yang berisi berita-berita dari media massa online yang ada di Kota Cirebon dan konten Berita Pemkot Cirebon berisi berita-berita kegiatan yang diselenggarakan Pemkot Cirebon.

\"Untuk konten Berita Kota, kami bekerjasama dengan media-media massa online yang ada di Kota Cirebon dengan memakai mekanisme berbagi link berita. Sejauh ini sudah sepuluh media massa online yanh bekerjasama dengan kami, salah satunya Ayocirebon.com,\" tuturnya.

Selain menghalau hoaks, dia meyakinkan, aplikasi ini bermanfaat untuk memberi informasi yang akurat dan berimbang. Di sisi lain, Citra juga sebagai salah satu bentuk inovasi Pemkot Cirebon untuk mendukung program Smart City.

Citra sendiri sudah bisa diunduh masyarakat melalui Google Play Store. Dia pun berharap, masyarakat dapat memanfaatkan aplikasi ini sebaiknya.

AYO BACA : Informasi Hoaks Meningkat Menjelang Pilpres


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar