Yamaha Aerox

Hasil Kalibrasi Kemenag, Masjid di Cirebon Kiblatnya Melenceng

  Selasa, 16 Juli 2019   Ananda Muhammad Firdaus
ilustrasi. (Pixabay)

CIREBON, AYOCIREBON.COM -- Sejumlah masjid di Kota Cirebon arah kiblatnya melenceng. Hal tersebut terungkap setelah Kemenag Kota Cirebon melakukan kalibrasi arah kiblat. Sementara hasilnya mengungkapkan tingkat melenceng arah kiblat tersebut antara 7-10 derajat.

"Kita lakukan kalibrasi di 24 masjid dan sebagian besar arah kiblatnya melenceng," kata Kasi Penyelenggara Syariah Kemenag Kota Cirebon Rokhiyatun di Cirebon, Senin (15/7/2019).

AYO BACA : Mengenang MOS dan Segala Persiapan Dibaliknya

Rokhiyatun mengatakan, ketidaksesuaian arah kiblat itu tidak terlalu jauh, namun dari hasil kalibrasi rata-rata melencengnya arah kiblat itu 7 sampai 10 derajat.

Akan tetapi ada juga masjid yang arah kiblatnya sudah tepat sesuai dengan yang seharusnya. "Pada dasarnya arah kiblat masjid cukup dikalibrasi satu kali, yakni saat dibangun," tuturnya.

AYO BACA : Menikmati Bentang Alam Tasik di Atas Ketinggian Puncak Pelita

Dia melanjutkan untuk kalibrasi juga bisa dilakt lagi terutama saat terjadi fenomena alam tertentu yang menyebabkan pergeseran posisi lempeng bumi, misalnya gempa bumi dan tsunami.

Untuk itu, pihaknya membagikan alat kalibrasi arah kiblat ke DKM yang masjidnya telah dikalibrasi, agar mereka bisa mengalibrasi masjid dan musala disekitarnya sehingga arah kiblatnya sesuai.

"Kalau ada fenomena alam itu, kami akan umumkan untuk kalibrasi ulang," katanya.

AYO BACA : Baranangsiang Jadi Stasiun Akhir LRT di Bogor


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar