Yamaha Aerox

Yuk Berperahu Seru di Waduk Darma

  Sabtu, 27 Juli 2019   Erika Lia
Berperahu keliling Waduk Darma di Kabupaten Kuningan menjadi salah satu aktivitas wisata paling diminati. (Erika Lia/ayocirebon.com)

KUNINGAN, AYOCIREBON.COMĀ -- Sebuah waduk di Desa Jagara, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan, telah menjadi salah satu ikon wisata di daerah yang dikenal pula dengan sebutan Kota Kuda ini. Mengelilingi Waduk Darma dengan perahu menjadi salah satu aktivitas paling menyenangkan yang bisa dinikmati di sini.

Berada di jalur Cirebon-Kuningan-Ciamis, Waduk Darma dikelilingi lembah dan bukit yang membuat hawa di sekitarnya sejuk. Pemandangan di area seluas sekitar 425 hektar ini pun terbilang cantik dan indah.

Waduk berkapasitas air maksimal sekitar 39 juta m3 ini berfungsi sebagai penampungan air. Tak hanya pengairan dan perikanan, waduk ini sejak lama telah menjadi destinasi wisata menyenangkan bagi masyarakat.

Di sini, Anda bisa menikmati pemandangan waduk seraya berpiknik bersama orang-orang tersayang. Aneka makanan tersedia di sekitar waduk dari pedagang-pedagang yang merupakan warga setempat, seperti baso, jagung bakar, karedok, es durian, serta aneka camilan dan minuman ringan lain.

Selain beragam suvenir, ada pula mainan anak-anak hingga arena bermain anak-anak, seperti mandi bola, bianglala, komidi putar, dan lainnya. Tersedia pula cottage di sini, meski keberadaannya memerlukan pembenahan yang lebih baik.

Selain itu semua, salah satu cara menikmati keindahan Waduk Darma yang paling banyak diminati adalah dengan berkeliling menggunakan perahu motor. Dengan biaya Rp15.000 per orang, Anda bisa berperahu bersama rombongan Anda sendiri atau bersama pengunjung lainnya.

"(Wisata perahu) yang paling menarik di sini. Banyak pengunjung yang ingin keliling waduk dengan perahu," kata salah satu pemandu wisata perahu di Waduk Darma, Dodo kepada Ayocirebon.com.

Wisata perahu biasanya menjadi tujuan utama pengunjung, yang kerapkali meningkat kala akhir pekan maupun hari libur nasional. Pada masa-masa ini, dia rata-rata mengangkut hingga 100 orang per hari.

Untuk satu perahu, kapasitas minimal berisi 25 orang. Tak jarang, Dodo menerima rombongan yang memesan perahu secara privat. Untuk ini, dia biasanya mengenakan tarif Rp200.000-Rp250.000 per trip.

Selama berperahu, selain menikmati pemandangan perbukitan dan lembah secara lebih dekat, Anda bisa pula mendapati kumpulan keramba di tengah waduk. Di kedalaman Waduk Darma, ikan-ikan hidup dan telah menjadi salah satu mata pencarian warga sekitar.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar