Yamaha Aerox

Permintaan 35 Legislator Baru Kota Cirebon Kala Pelantikan

  Selasa, 13 Agustus 2019   Erika Lia
Pelantikan 35 legislator baru di Kota Cirebon, Senin (12/8/2019). (Istimewa)

KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM -- Sebanyak 35 orang dilantik dan diambil sumpah sebagai anggota DPRD Kota Cirebon periode 2019-2024, Senin (12/8/2019). Setidaknya dua permintaan diajukan para legislator baru itu kepada eksekutif.

Selain pelantikan dan pengambilan sumpah ke-35 anggota DPRD baru, seremoni yang digelar di Gedung DPRD Kota Cirebon itu juga sekaligus meresmikan pemberhentian keanggotaan para legislator masa jabatan 2014-2019.

Ke-35 anggota dewan baru sendiri terdiri dari 19 orang petahana dan 16 orang merupakan wajah baru dari sejumlah partai di Kota Cirebon. Dari seluruh legislator baru tersebut, dua orang terpilih sebagai unsur pimpinan sementara Ketua DPRD Kota Cirebon, yakni Ruri Tri Lesmana dari Partai Gerindra sebagai ketua dan Fitria Pamungkas sebagai wakil ketua.

Baik Ruri dan Fitria terpilih sebagai unsur pimpinan sementara mengingat perolehan suara terbanyak saat pemilihan legislatif lalu. Memanfaatkan momen saat membacakan sambutannya di hadapan wali kota Cirebon, wali kota Cirebon, beserta seluruh unsur muspida Kota Cirebon, Ruri mengemukakan setidaknya dua permintaan kepada lembaga eksekutif.

AYO BACA : Menjangkau Asa di Lemahwungkuk: Balita Itu Bernama Batik Kriyan

"Kami harapkan peningkatan jumlah tenaga PNS (pegawai negeri sipil) untuk mendukung kegiatan di dewan," katanya mewakili seluruh legislator.

Selain itu, pihaknya juga meminta ruang kerja yang representatif. Lebih jauh, pihaknya berharap hubungan antara lembaga legislatif dan lembaga eksekutif di Kota Cirebon serasi, tanpa saling mendominasi.

Salah satu agenda utama yang menanti para legislator baru ke depan berupa pembahasan RAPBD Kota Cirebon Tahun Anggaran 2020.

"Kami harap hubungan antara DPRD dan Pemkot Cirebon bisa berjalan dengan serasi karena DPRD juga merupakan bagian dari pemerintah daerah," tegasnya.

AYO BACA : Babak Baru Kasus Korupsi Sunjaya, KPK Geledah DPRD Kabupaten Cirebon

Menanggapi permintaan para legislator baru, Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis berjanji akan mengupayakan pemenuhannya. Untuk kebutuhan sumber daya manusia, dia tak menampik lembaga eksekitif harus memenuhinya.

"Kami akan seleksi (PNS) yang punya kemampuan lebih. Tapi nanti yang memilih (PNS) tetap mereka (DPRD)," tuturnya.

Permintaan soal ruangan yang representarif, direspon Azis pula dengan janji akan menganggarkannya. Selain ruang fraksi dan komisi, ruang VIP di gedung dewan pun menjadi perhatian pihaknya untuk dibenahi.

Dia juga sepakat soal hubungan kedua lembaga sebagai mitra yang sejajar dalam pemerintahan. Karenanya, dibutuhkan proses saling pengertian dan kerjasama yang baik demi menciptakan masyarakat Kota Cirebon yang lebih sejahtera.

"Saya yakin, kerjasama yang sudah baik sebelumnya bisa terus berlangsung dengan anggota DPRD Kota Cirebon yang baru dilantik tadi," ungkapnya.

Sementara, Gubernur Jawa Barat, M. Ridwan Kamil dalam sambutan yang dibacakan Azis mengapresiasi pengabdian anggota DPRD Kota Cirebon periode sebelumnya. Mereka dinilai telah bekerja baik dan berintegritas mewakili rakyat Kota Cirebon.

Para legislator baru pun beroleh ucapan selamat dan pesan untuk mengemban amanah dengan jujur dan berintegritas.

AYO BACA : DPRD Jabar Sambut Baik Pengalihan Rute ke BIJB Kertajati


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar