Yamaha NMax

Flash Mob Tari Sintren Meriahkan HUT ke-650 Kota Cirebon

  Minggu, 01 September 2019   Erika Lia
Ratusan penari cilik sintren bersama sejumlah pejabat dan tokoh Kota Cirebon melakukan flash mob tari sintren di depan Balai Kota Cirebon dalam puncak HUT Ke-650 Kota Cirebon, Minggu (1/9/2019). (Erika Lia/Ayocirebon.com)

KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM--Ratusan penari sintren cilik menari bersama di depan Balai Kota Cirebon, Minggu (1/9/2019). Kali ini, sintren yang ditampilkan non-mistis seperti selama ini kesenian tradisional itu dikenal.

Para penari sintren cilik dari Yayasan Belantara Budaya itu memeriahkan HUT Ke-650 Kota Cirebon yang jatuh setiap Tahun Baru Islam 1 Hijriyah.

Tak hanya mereka lho yang menari, sejumlah pejabat dan tokoh Kota Cirebon, seperti Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis, Wakil Wali Kota Cirebon, Eti Herawati, Sultan Keraton Kasepuhan Cirebon, Sultan Sepuh XIV Pangeran Raja Adipati Arief Natadiningrat, Patih Keraton Kanoman Cirebon, Pangeran Raja Moch Qodiran, pun turut serta.

Bersama mereka, masyarakat yang menyaksikan tarian itu pun ikut bergoyang seirama.

AYO BACA : Uu Terkesan Cirebon, Dipertimbangkan Jadi Ikon Pariwisata Jabar

Meski berpenampilan layaknya penari sintren dengan selendang menjuntai di bahu dan kacamata hitam, pertunjukan kali ini tak seperti sintren biasanya. Tak ada saweran uang ke arah penari yang kemudian akan membuatnya tak sadarkan diri sementara waktu. Tak ada pula bau dupa yang lazim menguar di udara kala sintren dihelat.

Selama sekitar 15 menit flash mob tari sintren dipertontonkan, sebelum kemudian dilanjutkan penampilan penyanyi tarling Cirebon, Diana Sastra. Menyanyikan lagu berjudul Kota Cirebon, wanita berpenampilan nyentrik itu menghibur khalayak.

Ketua pelaksana Hari Jadi Kota Cirebon, Agus Sukmanjaya mengungkapkan, flash mob tari sintren menjadi bagian dari rangkaian utama HUT Ke-650 Kota Cirebon.

\"Mereka menari tentang hari jadi di sepanjang Jalan Siliwangi ini,\" ujarnya.

AYO BACA : HUT ke-650 Kota Cirebon, Warga Kecele Festival Empal Gentong

Pihaknya menargetkan penari pada flash mob tari sintren ini mencapai 200 orang. Menurutnya, siapa saja dibebaskan ikut ambil bagian.

Sintren menjadi atensi pihaknya untuk ditampilkan dalam rangkaian HUT setelah mempertimbangkannya sebagai salah satu kesenian khas Cirebon yang banyak disaksikan publik dari luar Cirebon.

Selama ini, sintren lebih banyak dipertunjukkan di even-even tertentu. Lain halnya dengan tari topeng Cirebon yang kerap ditampilkan sebagai pembuka pada hampir semua kegiatan.

\"Makanya kami tampilkan seperti ini. Apalagi yang menari kebanyakan anak-anak, lebih seru dan lucu jadinya,\" ungkap Agus yang menjabat Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Cirebon ini.

Selain flash mob tari sintren, digelar pula karnaval kostum Cirebon yang melibatkan seluruh elemen masyarakat, baik instansi pemerintah hingga komunitaa tradisional maupun modern.

Dalam karnaval ini, diparadekan aneka kreasi kostum ke tengah khalayak banyak. Peserta dibebaskan menampilkan kreasi masing-masing.

AYO BACA : Asyik! 5 Daerah di Ciayumajakuning Sepakati Paket Wisata


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar

-->