Yamaha Aerox

Hadir di Cirebon, Toys Kingdom 'Lawan' Ketergantungan Gawai

  Selasa, 03 September 2019   Erika Lia
Seorang pengunjung melihat-lihat koleksi mainan boneka muslim di Toys Kingdom CSB Mall, Kota Cirebon, Selasa (3/9/2019). (Erika Lia/Ayocirebon.com)

KESAMBI, AYOCIREBON.COM -- Gadget menjadi tantangan kekinian yang dihadapi pelaku industri mainan anak-anak. Menolak tenggelam, Toys Kingdom justru membuka toko terbaru di Kota Cirebon.

Toys Kingdom merupakan pusat mainan dan hobi untuk segala usia. Toko baru di Kota Cirebon, yang dibuka di lantai satu Cirebon Superblock (CSB) Mall, menjadi toko ke-44 di 18 kota se-Indonesia.

Merchandising dan Operational Director Toys Kingdom, Bart Nureka mengatakan, Toys Kingdom di Cirebon sebenarnya telah hadir sejak 2016 dengan konsep mini store.

Sambutan positif menjadi alasan pihaknya kembali membuka toko yang lebih luas dengan produk lebih lengkap dan lokasi nyaman.

"Toko baru ini diharapkan dapat memberi keceriaan bagi anak-anak melalui beragam jenis mainan. Tidak hanya entertaining, tapi juga edukatif dengan pelayanan sigap dan ramah sebagaimana tagline kami yakni creating smile," ungkapnya, Selasa (3/9/2019).

Pembukaan Toys Kingdom CSB Mall dimeriahkan beragam promo dan penawaran menarik hingga 8 September 2019. Promo itu di antaranya diskon hingga 70% dan buy 1 get 1 free untuk produk pilihan, hadiah langsung bagi 100 pelanggan pertama dengan minimal transaksi tertentu, hingga voucher senilai Rp20.000 pada brosur pre-opening dengan minimal transaksi Rp200.000.

AYO BACA : Azis Usulkan Perda Paksaan Tangani Plastik

Di area seluas 415 m2, Toys Kingdom CSB Mall menyediakan berbagai macam produk, mulai mainan edukasi, mainan outdoor, mainan koleksi, keperluan bayi, kostum profesi anak-anak, sampai produk komersil seperti playground serta meja dan kursi belajar untuk anak-anak.

Selain itu, ada pula mainan ekslusif yang hanya ditemukan di Toys Kingdom, seperti Salam Sisters dengan koleksi mainan boneka muslim berkarakter unik, Kongsuni boneka perempuan dari seri kartun Korea, serta Tobot yang merupakan robot animasi populer dari Korea.

"Mainan di Toys Kingdom aman karena bebas dari kandungan bahan berbahaya, desainnya tak tajam dan runcing, serta berlogo Standar Nasional Indonesia (SNI)," kata Senior Merchandising Manager Toys Kingdom, Nicholas Balukh.

Dalam kesempatan itu, Nicholas mengakui, gadget telah banyak memengaruhi anak-anak. Namun, dia meyakinkan, fenomena gadget pada anak tak memengaruhi penjualan mainan di Toys Kingdom.

Tak bisa menampik digitalisasi, pihaknya juga memanfaatkan itu sebagai peluang dengan menghadirkan mainan dengan fitur digital sebagai salah satu pilihan.

"Tapi, itu (mainan dengan fitur digital) tidak menjadi market share (pangsa pasar) terbesar kami," cetusnya.

AYO BACA : Kemenko Maritim Tantang Pemda Kurangi Sampah Plastik

Mainan dengan unsur edukasi menjadi salah satu tawaran yang dikedepankan Toys Kingdom. Selain itu, bentuk-bentuk mainan yang dapat dimainkan bersama keluarga juga menjadi bentuk mainan lain yang beroleh prioritas pihaknya.

Konsep mainan yang merangsang anak-anak untuk bergerak menjadi atensi pihaknya, sebagai upaya menghindarkan anak dari ketergantungan pada gadget.

Sejauh ini, mainan seperti action figure menjadi mainan bagi anak laki-laki yang paling banyak diminati. Sementara, imbuhnya, anak-anak perempuan lebih menyukai mainan yang bersifat kejutan atau yang konsep mainan dalam mainan.

"Tak jarang, justru orang tua yang senang belanja mainan di sini karena kami menyediakan mainan untuk segala usia," ujarnya.

Sementara, Promotion dan Advertising Manager Toys Kingdom, Octaviani Merrisa menambahkan, selain produk berkualitas, berbagai layanan juga dihadirkan pihaknya untuk kemudahan berbelanja. Layanan itu salah satunya layanan demo produk mainan yang dapat dicoba langsung oleh pelanggan dengan bantuan staf toko.

"Ada pula layanan bungkus kado bagi pelanggan yang membeli produk sebagai hadiah dengan nominal transaksi tertentu, hingga layanan pengantaran dan instalasi produk," tuturnya.

Toys Kingdom juga menghadirkan dancing time berupa tarian yang dilakukan staf pada jam tertentu diiringi alunan jingle Toys Kingdom. Ini merupakan upaya pihaknya menambah keceriaan saat berbelanja.

Tak ketinggalan, Toys Kingdom juga memiliki maskot bernama Tiggi yang merupakam perwujudan anak Harimau Sumatera. Tiggi ditampilkan dengan karakter ceria, berani, dan berjiwa petualang, sebagai harapan dapat menjadi cerminan bagi kehidupan sosial anak-anak secara nyata.
 

AYO BACA : Waspadai Mikroplastik! 26% Ikan di Indonesia Konsumsi Ini


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar