Yamaha Aerox

Wisman Minati Katon Tourism Expo 2019 Kabupaten Cirebon

  Rabu, 11 September 2019   Erika Lia
Tradisi Nadran, adat budaya Cirebon yang sudah di kenal dunia. (ANTARA FOTO/Risky Andrianto)

SUMBER, AYOCIREBON.COM -- Katon Tourism Expo 2019 bakal digelar mulai Kamis (12/9/2019) esok. Pelaku wisata luar negeri diagendakan mengikuti even pariwisata di Hotel Apita, Jalan Tuparev, Kabupaten Cirebon, ini.

Katon Tourism Expo 2019 merupakan even pameran nasional promosi wisata, bisnis meeting, fam trip, serta hiburan di Kabupaten Cirebon. Even yang akan dilaksanakan sampai 15 September 2019 ini diproyeksikan sebagai kontribusi pengembangan promosi pariwisata dan pertumbuhan ekonomi daerah.

Katon Tourism Expo 2019 diadakan Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Cirebon bekerjasama dengan Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Wilayah 3 Jawa Barat, dan asosiasi lain.

"Kegiatan ini bertujuan mempromosikan destinasi wisata di Kabupaten Cirebon maupun Wilayah Cirebon kepada wisatawan nusantara maupun mancanegara," kata Kepala Disbudparpora Kabupaten Cirebon, Hartono.

Dia menyebutkan, sektor pariwisata menjadi primadona pendapatan asli daerah (PAD). Hampir semua daerah mengalami ini, bahkan pariwisata berada di posisi ketiga sumber pendapatan nasional di atas minyak bumi.

Di Kabupaten Cirebon, pajak dari sektor pariwisata menempati urutan ketiga setelah pajak bumi dan bangunan (PBB).

"Kami harap even ini akan membuat Cirebon lebih dikenal wisatawan," ujarnya.

Puncak Katon Tourism Expo 2019 sendiri akan dimeriahkan arak-arakan Nadran Gunung Jati dari Kecamatan Gunungjati, Kabupaten Cirebon, yang tahun ini berubah nama menjadi Festival Budaya Cirebon, pada Sabtu (14/9/2019).

Ketua DPC ASPPI Wilayah 3 Jabar, Abdul Rozak menyebutkan, sejauh ini persiapan Katon Tourism Expo 2019 sudah sekitar 90%.

"Ada beberapa yang kami ubah dari jadwal awal, salah satunya fam trip di Batulawang, Kabupaten Cirebon, akan diubah menjadi hari terakhir even dari sebelumnya pada hari ketiga even," bebernya.

Pihaknya menargetkan 100 buyer pada even kali ini. Hingga kini, setidaknya 80% buyer sudah mengonformasi diri.

Dia menyebutkan, bahkan ada tambahan peserta dari mancanegara, seperti India, Turki, Malaysia, Singapura, dan Thailand. Sementara, kunjungan masyarakat pada even ini ditarget 5.000-10.000 pengunjung.
 


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar