Yamaha NMax

Anak-anak Dominasi Pelanggaran Lalu Lintas Cirebon

  Jumat, 13 September 2019   Erika Lia
Ilustrasi -- operasi kepolisian. (Kavin Faza/Ayobandung.com)

KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM -- Jumlah pelanggar lalu lintas didominasi anak-anak di bawah usia 17 tahun. Publik pun masih mengabaikan kelengkapan kendaraan.

Dalam Operasi Patuh Lodaya 2019 yang digelar Polres Cirebon Kota, petugas telah menilang sedikitnya 4.065 perkara dan teguran 2.275 perkara. Tahun sebelumnya, tilang terdata 4.157 perkara dan teguran 2.166 perkara.

Kasat Lantas Polres Cirebon Kota AKP Fitra Zuanda mengungkapkan, pelanggar lalu lintas di Kota Cirebon mayoritas anak-anak di bawah usia 17 tahun.

Karena itu, pihaknya mengingatkan para orang tua mengawasi anak-anaknya untuk mematuhi peraturan lalu lintas.

"Kami minta orang tua tidak mengizinkan anaknya membawa kendaraan kalau belum memenuhi syarat usia," tegasnya, Jumat (13/9/2019).

Pada operasi tahun ini, usia pelaku pelanggaran lalu lintas antara 0-15 tahun yang ditindak mengalami peningkatan. Tahun ini, pelaku pelanggar lalu lintas berusia 0-15 tahun tercatat 555 orang, sedangkan tahun lalu 166 orang.

Menurutnya, bila memang ada keperluan, orang tua selayaknya mengantar sang anak dan tak membiarkannya mengendarai sendiri.

"Lebih baik lagi kalau naik kendaraan umum. Keberhasilan operasi patuh bukan hanya banyaknya tilang, tapi seberapa banyak menyelamatkan warga Kota Cirebon dari kecelakaan," paparnya.

Terpisah, dalam Operasi Patuh Lodaya yang digelar di wilayah hukum Polres Cirebon selama 11 hari terdata 6.552 pelanggar. Dari jumlah itu, pengendara sepeda motor mendominasi dengan 5.424 pelanggaran.

Waka Polres Kabupaten Kompol Ricardo Condrat Yusuf menyebutkan, pelanggaran lalu lintas terbanyak berupa kelengkapan berkendara yang minim.

Dia menunjuk jenis-jenis pelanggaran terbanyak itu di antaranya tidak mengenakan helm, tidak memiliki surat izin mengemudi (SIM), dan tidak menggunakan knalpot standar.

"Yang paling banyak pelanggaran yaitu tidak memakai helm, tidak memiliki SIM, dan lainnya," bebernya.

Usia pelanggar lalu lintas di wilayah hukum Polres Cirebon rata-rata 15-25 tahun. Meski begitu, dia mengakui, tak sedikit pula pelanggar berusia di bawah umur.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar