bank bjb
  
Yamaha

ASN Indramayu Diminta Gunakan Sedotan Alumunium

  Sabtu, 14 September 2019   Erika Lia
ASN Indramayu Diminta Gunakan Sedotan Alumunium
ASN di Kabupaten Indramayu ramai-ramai menunjukkan botol minum bukan sekali pakai demi kurangi sampah plastik.

INDRAMAYU, AYOCIREBON.COM -- Para aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indramayu diminta menggunakan sedotan alumunium. Upaya kurangi sampah plastik.

Dituangkan melalui Surat Edaran Bupati Indramayu Nomor 660.2/1698.a/DLH Tanggal 17 Juni 2019 Tentang Pengurangan Pemakaian Kantong Plastik, para ASN juga diingatkan meminimalisir penggunaan wadah makanan maupun botol minuman sekali pakai.

"Gunakan peralatan makan minum yang dapat digunakan beberapa kali pakai, seperti tumbler, sendok dan garpu non-plastik, wadah makanan bukan sekali pakai, sedotan alumunium atau kayu," tutur Bupati Indramayu, Supendi, belum lama ini.

AYO BACA : Dari 4 Presiden Indonesia yang Wafat, Siapa yang Usianya Paling Muda?

ASN diimbau menghindari penggunaan bungkus plastik sekali pakai, di antaranya antara lain kantong plastik kresek, sedotan plastik, air minum dalam kemasan, makanan dan minuman dalam kemasan plastik, serta kemasan styrofoam.

Dia pun meminta pemakaian kemasan atau wadah plastik pada jamuan rapat dan atau kegiatan yang berpotensi menimbulkan sampah dihindari.

"Pilih dan buang sampah pada tempat sampah sesuai dengan jenisnya. Bawa tas belanja guna ulang seperti tas kain dan sejenisnya," tambahnya.

AYO BACA : Jadwal Samling dan Samdong Polres Cirebon Kota Hari Ini

Tak hanya ASN, surat edaran itu juga berlaku bagi para pelaku usaha di Indramayu. Pihaknya berharap pengurangan sampah plastik di Kabupaten Indramayu dimulai dari perangkat daerah dan pelaku usaha, sebelum kemudian dapat pula dilakukan masyarakat luas.

"Kami harap pengurangan sampah plastik di Kabupaten Indramayu diawali dari perangkat daerah dan pelaku usaha," tegasnya.

Surat edaran itu sendiri, imbuhnya, merupakan implementasi dari Undang Undang Nomor 18 Tahun 2018 Tentang Pengelolaan Sampah.

Selain itu, implementasi dari Peraturan Daerah Kabupaten Indramayu Nomor 12 Tahun 2018 Tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga.
 

AYO BACA : Anak-anak Dominasi Pelanggaran Lalu Lintas Cirebon


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar