Yamaha NMax

Petisi BIJB Jadi Bandara BJ Habibie Disambut Positif Emil

  Senin, 16 September 2019   Nur Khansa Ranawati
Patung Presiden ketiga RI BJ Habibie memegang pesawat di Kabupaten Gorontalo. (Antara Foto)

BANDUNG, AYOCIREBON.COM -- Ridwan Kamil menyambut positif petisi yang meminta penggantian nama BIJB Kertajati menajadi Bandara BJ Habibie. 

Gubernur Jawa Barat itu mengatakan bahwa dirinya juga telah memikirkan hal tersebut.

"Saya sudah dengar, memang sejalan dengan apa yang saya pikirkan. Hanya butuh proses saja," ungkapnya ketika ditemui di Gedung Sate, Senin (16/9/2019).

Dia mengatakan, hal tersebut merupakan ide yang baik mengingat Presiden ke-3 Republik Indonesia tersebut juga memiliki banyak sejarah di Jawa Barat. Mulai dari bertemu sang tambatan hati, Hasri Ainun Besari, hingga mendirikan PT. DI (dulu IPTN).

"Saya kira ide baik ini akan di-follow up, karena dalam pandangan saya juga beliau bertemu cintanya di Jabar, sebelum ke Jerman sekolah di Jabar, juga mendirikan IPTN di Jabar," jelasnya.

Menurut Emil, penyematan nama Habibie sebagai nama bandara tersebut juga dapat menjadi sebuah apresiasi bagi dirinya yang banyak memberi sumbangsih di bidang kedirgantaraan. Apalagi sejauh ini nama bandara tersebut belum dipikirkan secara khusus.

"Memang Kertajati masih nama tempat ya, nanti kita bicarakan dengan DPRD karena butuh kesepahaman. Tapi idenya diapresiasi dan akan kami tindaklanjuti," pungkasnya.

Hal ini menjadi perhatian setelah beberapa hari lalu, netizen bernama Ihsan Joe di akun change.org memulai petisi berjudull “Mengganti nama Bandara BIJB Kertajati menjadi Bandara BJ. Habibie”, sejak empat hari lalu. 

Hingga saat ini, sudah lebih dari 600 orang yang menandatangani petisi tersebut.

Ihsan menargetkan 1.000 orang untuk membubuhkan tandatangan di petisinya tanda setuju. Dalam deskripsi petisi tersebut, dirinya menuliskan bahwa nama Habibie patut diabadikan karena jasanya di bidang dirgantara.

"BJ Habibie adalah teknokrat di bidang kedirgantaraan kelas dunia. Diakui oleh semua kalangan tanpa kecuali."

"Dan beliau juga yang mendirikan Industri Pesawat Terbang (IPTN) yang berlokasi di Bandung Jawa Barat. Nama beliau sangat layak menjadi nama Bandara di Jawa Barat, apalagi bandara Kertajati kelas internasional," tulisnya.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar