Yamaha

Karena Temuan Kuno, Pekerja Revitalisasi Alun-alun Kejaksan Diwanti-wanti

  Kamis, 19 September 2019   Erika Lia
Area Alun-alun Kejaksan, Kota Cirebon, dalam proses revitalisasi. (Erika Lia/Ayocirebon.com)

KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM -- Seorang pelaksana PT Inti Cipta Sejati Heru mewanti-wanti para pekerja revitalisasi Alun-alun Kejaksan Cirebon agar tak berbuat macam-macam selain bekerja.

Hal ini sehubungan dengan temuan sejumlah barang diduga peninggalan bersejarah yang hingga kini masih ditelusuri kebenarannya. PT Inti Cipta Sejati sendiri merupakan pelaksana pengerjaan revitalitasi.

Di samping itu, Heru memastikan para pekerja agar tak gentar melangsungkan pekerjaannya, mengingat tujuan mereka bukan untuk menganggu.

"Kami wanti-wanti pekerja jangan macam-macam. Niat kami baik, bukan untuk merusak apapun," tegasnya, Kamis (19/9/2019).

Sementara itu, Kepala Bidang Kebudayaan DKOKP Kota Cirebon Edi Tohidi mengaku, pihaknya sudah mendengar ihwal temuan beberapa objek yang diduga kuno di bawah alun-alun. Namun, pihaknya membutuhkan tim ahli cagar budaya untuk meninjau langsung kondisi sebenarnya di sana.

Adapun beberapa objek yang berhasil ditemukan, di antaranya sumur, batu bata berukuran besar yang menampakkan bentuk gapura, kendi, hingga kerangka manusia, ditemukan dari dalam tanah alun-alun yang dikeruk pihak kontraktor, PT Inti Cipta Sejati.

"Sudah dengar (soal temuan). Kalau ingin turun ke lapangan harus melibatkan tim ahli dari Jawa Barat," katanya.

Kota Cirebon sendiri, katanya, belum memiliki tim ahli cagar budaya. Pun begitu dengan peraturan daerah yang mengatur ihwal cagar budaya.

Namun begitu, dia menjanjikan DKOKP akan turun ke lapangan untuk mengawali peninjauan. Selanjutnya, pihaknya bersama tim ahli cagar budaya Jabar direncanakan akan meneliti objek-objek di area tersebut.

"Kami akan teliti mana yang memang termasuk cagar budaya," ujarnya.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar