Yamaha Mio S

Puluhan Ribu Keluarga di Indramayu Mulai Terima BNPT

  Selasa, 24 September 2019   Erika Lia
ilustrasi. (Pixabay)

INDRAMAYU, AYOCIREBON.COM -- Ribuan ton beras disalurkan Bulog Kantor Cabang Indramayu setiap bulan untuk program bantuan pangan non tunai (BNPT).

Diketahui, mulai September 2019 ini, beras dalam program BNPT harus berasal dari Bulog. Sebelumnya, beras berasal dari pihak swasta.

Kepala Bulog Kantor Cabang Indramayu, Safaruddin menyebutkan, keluarga penerima manfaat (KPM) untuk BNPT di Kabupaten Indramayu sejumlah 158.874 keluarga.

"Setiap KPM menerima beras berkualitas premium sebanyak 8 kg/bulan," katanya didampingi Kepala Seksi Komersial, Pencius Siburian.

Selain beras, dalam BNPT, KPM juga menerima telur 1 kilogram per bulan. Hanya, pemenuhan kebutuhan telur diserahkan pada pasar.

Penyaluran beras sendiri dimulai dengan pelaporan e-warung yang sebelumnya telah ditetapkan kepada Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), mengenai kebutuhan beras BNPT untuk para KPM di setiap kecamatan. TKSK kemudian meneruskan pesanan beras kepada Bulog.

Pencius mengungkapkan, dari 158.874 KPM di Kabupaten Indramayu, 57.168 KPM telah menerima beras BNPT dari Bulog pada bulan ini. Sisanya, masih dalam proses.

"Kami sudah menyiapkan beras sekitar 1.300 ton per bulan untuk memenuhi kebutuhan beras dalam program BNPT di Kabupaten Indramayu," tuturnya.

Total ketersediaan beras pada Bulog Indramayu sendiri saat ini 59.000 ton. Dia memastikan, jumlah itu cukup untuk memenuhi kebutuhan beras BNPT hingga 45 bulan ke depan.

Sementara itu, perubahan suplier beras dalam program BNPT dari pihak swasta ke Bulog disebabkan menumpuknya stok beras milik Bulog.

Menurutnya, hal itu sebagaimana keterangan yang tercantum dalam surat edaran Kementerian Sosial.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar

-->