Yamaha

Warga Sudah Duga Keterlibatan YF Dalam Terorisme

  Senin, 14 Oktober 2019   Erika Lia
Tim Puslabfor Mabes Polri menggeledah rumah Yus di Desa Bojong Lor, Kecamatan Jamblang, Kabupaten Cirebon, Senin (14/10/2019). (Ayocirebon.com/Erika Lia)

JAMBLANG, AYOCIREBON.COM -- Sejumlah warga mengaku sudah memperkirakan YF akan diduga terlibat terorisme.

Perkiraan itu di antaranya berkaitan dengan senapan angin yang kerap dibawanya. Dia dikenal memiliki keahlian menembak burung.

Selain itu, sikap YF yang tertutup terhadap lingkungan sekitar menambah kesan dugaan keterlibatannya dalam gerakan radikal.

"Udah nyangka sih (diduga terlibat terorisme), disapa suka diem aja," ungkap seorang tetangga yang enggan disebutkan namanya, Senin (14/10/2019).

Sikap tertutup yang ditunjukkan YF pun diungkapkan pula tetangga lain, Sri Sugiarti.

YF yang tinggal bersama sang istri, An, dan seorang anak mereka yang masih duduk di bangku SD, bahkan mengingat, selama sekitar 12 tahun bertetangga, mereka tak pernah saling bersilaturahmi saat lebaran tiba.

"Seinget saya, enggak pernah (YF dan istri datang ke rumah Sri) untuk silaturahmi lebaran. Kalau saudara istrinya (yang tinggal tak jauh dari rumah YF dan bersebelahan dengan rumah Sri) sih suka datang ke rumah saya atau saya datang ke rumahnya kalau lebaran," bebernya.

Saking tertutupnya, Sri juga mengaku tak pernah bertemu YF dan istri pada saat-saat lain, seperti tarawih maupun salat Ied, di mana biasanya banyak warga bertemu dan salat berjamaah.

Suami Sri pun mengaku, YF tak aktif dalam kegiatan warga setempat.

Sementara, warga lainnya, Tanto menyebut, An, istri YF di Desa Bojong Lor merupakan istri kedua.

"Jumlah anaknya tiga, dari istri pertama dua anak dan dari istri kedua ini satu anak," tuturnya.

YF diketahui diamankan Tim Densus 88 Anti Teror bersama Polres Cirebon pada Minggu (13/10/2019) malam di Kecamatan Panguragan, Kabupaten Cirebon.

Tak hanya mengamankan YF, petugas juga menggeledah kediamannya di Desa Bojong Lor, Kecamatan Jamblang, Kabupaten Cirebon, hingga Senin (14/10/2019) dini hari.

Penggeledahan itu mengundang penasaran warga sekitar, yang mengerumuni area sekitar kediaman Yus.

Saat penggeladahan itu, petugas mengamankan sejumlah barang bukti, di antaranya cairan kimia, buku tauhid, panah, senapan angin, dan lainnya.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar