Yamaha

Kelompok Pencuri Tiga Karung Baju di Majalengka Didor

  Selasa, 29 Oktober 2019   Erika Lia
Kapolres Majalengka, AKBP Mariyono menunjukkan kelima tersangka curat tiga karung baju berbagai merek di Kabupaten Majalengka, Selasa (29/10/2019). (Istimewa)

CIREBON, AYOCIREBON.COM -- Empat dari lima tersangka pencurian tiga karung baju di Kabupaten Majalengka didor petugas. Diklaim melarikan diri saat hendak diamankan.

Kapolres Majalengka AKBP Mariyono mengungkapkan, kelima pelaku diduga telah melakukan pencurian dengan pemberatan barang berupa tiga karung pakaian berbagai merek dan jenis di sebuah toko pakaian di Desa Talaha Wetan, Kecamatan Talaga, Kabupaten Majalengka.

"Dari lima pelaku yang sudah diamankan, dua pelaku lain kami masukkan dalam Daftar Pencarian Orang (DPO)," katanya, Selasa (29/10/2019).

Akibat perbuatan kelima pelaku, korban menderita kerugian sedikitnya Rp20 juta.

Kelima pelaku masing-masing berinisial NN (42), US (25), JA (24), SA (25), dan SP (31).

Dalam aksinya, para tersangka merusak kunci gembok dengan cara memotongnya menggunakan gunting besi/baja yang sudah disiapkan.

Mereka lantas masuk ke dalam toko dan mengambil pakaian berbagai merek dan jenis sebanyak tiga karung dan dimasukkan ke dalam mobil, sebelum kemudian melarikan diri.

Penangkapan para pelaku sendiri bermula ketika Unit Resmob Satuan Reskrim Polres Majalengka melakukan patroli keliling dan menerima laporan adanya segerombol orang yang mencurigakan sedang berkumpul di sebuah kios bibit di Desa Cikijing, Kecamatan Cikijing, Kabupaten Majalengka.

"Unit Resmob Satuan Reskrim Polres Majalengka bersama anggota Polsek Cikijing mengecek dan menggeledah para pelaku serta kendaraan yang dibawa pelaku di kios itu," bebernya.

Kasat Reskrim Polres Majalengka, AKP Wafdan Muttaqin menambahkan, sayangnya saat polisi menghampiri para pelaku, dua di antaranya melarikan diri.

Kedua tersangka yang melarikan diri belakangan diketahui berinisial ED dan NN, kini dimasukkan DPO.

"Dari penggeledahan kepada tersangka yang lain kami mengamankan barang bukti berupa sebuah gunting pemotong besi, dua buah cutter, dua pak mata pisau cutter, sebuah lakban hitam, dan sebuah kunci pas bentuk Y," terangnya.

Dia menambahkan, kala pihaknya tengah melakukan pengembangan, empat dari lima pelaku berusaha melarikan diri.

"Tim mengambil tindakan tegas terukur berupa tembakan yang mengenai kaki dari keempat pelaku," ungkap Wafdan.

Selanjutnya, petugas membawa keempat pelaku yang tertembak ke Rumah Sakit Majalengka untuk mendapat pengobatan medis.

Dari tangan tersangka, polisi mengamankan barang bukti hasil curian berupa tiga karung baju berbagai merk.

Akibat perbuatannya, kelima tersangka dikenakan Pasal 363 KUHPidana berupa Tindak Pidana Pencurian dan Pemberatan dengan ancaman hukuman kurungan penjara paling lama tujuh tahun.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar