Yamaha

Claudia Emmanuela Juarai The Voice, Teman Sekolah dan Guru Sambut Gembira

  Senin, 11 November 2019   Erika Lia
Sejumlah teman dan guru menyambut gembira kabar kemenangan Claudia Emmanuela Santoso dalam ajang The Voice of Germany 2019. (Ayocirebon.com/Erika Lia)

KESAMBI, AYOCIREBON.COM -- Claudia Emmanuela Santoso (19), gadis kelahiran Cirebon dinobatkan sebagai pemenang The Voice Of Germany, Senin (11/11/2019). Kemenangannya disambut gembira siswa dan guru SMAK Penabur, Kota Cirebon.

Keriuhan mewarnai salah satu sudut ruangan di SMAK Penabur. Ditemani seorang guru, sebagian siswa yang merupakan adik kelas Audi, panggilan akrab Claudia, tampak bersorak sorai menyaksikan tayangan ulang detik-detik Audi menjuarai The Voice Of Germany.

Seraya mengacungkan poster dan kaos bertulisan kalimat dukungan, aura kegembiraan semakin menguap ketika Audi diketahui meraih voting tertinggi, 46,39%. Dia pun dinobatkan sebagai juara ajang unjuk bakat di Jerman.

Prestasi yang diraih Audi tak hanya membanggakan adik-adik kelasnya di SMAK Penabur. Para siswa dan tenaga pengajar di sekolah tersebut meyakini, prestasi itu pun membanggakan Kota Cirebon secara keseluruhan.

"Seneng banget, nggak nyangka dari Cirebon. Ini bisa bawa nama baik sekolah (SMAK Penabur) hingga di ajang internasional," ungkap seorang siswa, Stevani Naura Putri.

Siswa lainnya, Nino, juga mengungkapkan kegembiraannya atas prestasi sang kakak kelas yang telah lulus dari SMAK Penabur pada 2018.

"Pastinya seneng banget karena dari Kota Cirebon ada yang bisa berprestasi di luar negeri. Apalagi itu dari sekolah sendiri dan kakak kelas sendiri," tuturnya.

Mewakili rekan-rekannya yang lain, mereka berharap Audi terus sukses dan membawa nama baik sekolah maupun Kota Cirebon di tingkat dunia.

Satu suara dengan para siswanya, Kepala SMAK Penabur, Gunawan pun mensyukuri prestasi yang diraih Audi. Dia pula mengapresiasi perjuangan Audi hingga berbuah kemenangan.

"Barangkali nanti Audi bisa pulang, kami akan undang dia untuk menginspirasi teman-temannya di sini," katanya.

Pihak sekolah selama ini memang telah mengenal bakat dan prestasi Audi di bidang tarik suara.

Audi juga telah banyak mengikuti lomba di tingkat lokal hingga nasional. Dia pun pernah mengikuti beberapa ajang menyanyi yang digelar sejumlah stasiun televisi nasional.

AYO BACA : Pesona Claudia Emmanuela Santoso asal Cirebon, Perebut Hati Juri The Voice Of Germany

Perjalanan Audi dalam The Voice Of Germany rupanya diikuti pula salah seorang guru SMAK Penabur, Yohanes Subagyo.

"Dia memang tekun mengikuti lomba, dari kecil sampai sekarang, tanpa memikirkan menang atau kalah. Niatnya mengasah kemampuan," ungkap guru kesenian ini.

Kemenangan yang diraih Audi pada The Voice Of Germany sendiri dipandangnya sebagai motivasi bagi anak-anak lain, untuk terus mengeksplorasi diri dan menekuni bidang apapun yang disukainya.

Dia meyakinkan, apapun yang ditekuni, pada akhirnya akan terpetik hasil terbaik.

"Walaupun hal kecil dalam diri anak-anak, pasti pada saatnya akan berkembang dengan baik," ujarnya.

Dalam hal ini, imbuhnya, pihak sekolah akan memberikan wadah, peluang, bimbingan, hingga dukungan kepada siapapun yang ingin mengekspresikan diri.

"Tinggal anaknya, kalau makin aktif, makin tekun, pasti hasilnya baik," cetusnya.

Dalam final The Voice Of Germany, Audi menyanyikan lagu berjudul 'I Have Nothing' yang dipopulerkan Whitney Houston.

Gadis berambut panjang itu mengungguli empat lawannya, masing-masing Lucas Rieger, Fidi Steinbeck, Feschta Akbarzada, dan Erwin Kintop.

Hasil voting Audi, 46,39%, jauh di atas keempat lawannya. Berurutan berdasarkan hasil voting, posisi Audi diikuti Erwin dengan 17,36%, Lucas 14,33%, Fidi 12,51%, dan Freschta 9,41%.

Selain di Jerman, voting dilakukan di dua negara lain yang menyiarkan The Voice of Germany, yakni Austria maupun Swiss.

Dalam penampilannya yang digelar di Studio H Adlershoft, Berlin, keluarga maupun teman-teman Audi turut menyaksikan dan merayakan kemenangannya.

Kabar kemenangan Audi pun disampaikan melalui akun resmi The Voice Of Germany.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar

-->