Yamaha

Sebelumnya Kotor, Sungai Cikalong di Kota Cirebon Ditata Jadi RTH

  Jumat, 15 November 2019   Erika Lia
Tepian Sungai Cikalong di Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, yang telah ditata. (Ayocirebon.com/Erika Lia)

HARJAMUKTI, AYOCIREBON.COM -- Sungai Cikalong yang mengalir di Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, ditata sebagai ruang terbuka hijau (RTH).

Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon bermaksud menjadikan area sekitar Sungai Cikalong sebagai lokasi berkualitas udara bersih. Bahkan, kawasan ini dinilai tepat sebagai paru-paru kota.

"Sekitar Sungai Cikalong diharapkan memiliki kualitas udara yang baik sehingga dapat meningkatkan kesehatan masyarakat," ungkap Wakil Wali Kota Cirebon, Eti Herawati, Jumat (15/11/2019).

Rencananya, imbuhnya, tepian Sungai Cikalong akan dibuat taman-taman sehingga berfungsi sebagai RTH.

Penataan area sekitar Sungai Cikalong sendiri diharapkan akan meningkatkan kesadaran dan semangat masyarakat untuk menjaga kebersihannya. Pihaknya mengingatkan masyarakat dan pihak manapun tak membuang sampah sembarangan ke sungai.

"Semangat dan kesadaran untuk tak membuang sampah sembarangan ke sungai itu penting untuk menjaga lingkungan tetap bersih," tegasnya.

Tak hanya Sungai Cikalong, sungai lain se-Kota Cirebon pun menjadi target selanjutnya. Rencananya, Sungai Kedung Pane pula akan dibersihkan pekan depan.

Sementara, Dandim 0614 Kota Cirebon, Letkol Inf Herry Indriyanto memastikan, kebersihan menjadi tanggung jawab bersama dalam menjaga lingkungan sehat. Sungai sendiri dipandangnya sebagai salah satu sumber daya alam penting dalam kehidupan manusia.

"Sumberdaya alam harus dijaga sehingga derajat kesehatan masyarakat akan meningkat," cetusnya.

Sungai dalam hal ini memengaruhi kesehatan masyarakat. Pihaknya pun mengingatkan publik untuk menjaga kebersihan sungai bersama-sama.

Terpisah, Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kota Cirebon, Agus Suherman mengungkapkan peluang area sekitar Sungai Cikalong sebagai destinasi wisata.

"Sungai yang bersih dengan dukungan fasilitas publik bisa membuat area Sungai Cikalong sebagai tujuan wisata, seperti Sungai Cikapundung di Bandung atau Sungai Cimanuk di Indramayu," bebernya.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar