Yamaha

Butuh Asupan Vitamin D, Ibu Hamil Dianjurkan Berjemur

  Selasa, 03 Desember 2019   Mildan Abdalloh
ilustrasi. (Pixabay)

BANDUNG, AYOCIREBON.COM -- Tidak hanya harus menjaga asupan makanan, berjemur juga sangat baik bagi semua orang, terutama ibu hamil. Kandungan vitamin D yang terdapat dalam sinar matahari sangat baik bagi pertumbuhan tulang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Grece Mediana mengatakan, semua orang membutuhkan vitamin D untuk kekuatan dan pertumbuhan tulang. Dalam makanan yang dikonsumsi, memang ada beberapa yang mengandung vitamin D, namun jumlahnya tidak mencukupi bagi kebutuhan tubuh.

"Vitamin D yang didapat dari makanan hanya 10%, jadi untuk memenuhi kebutuhan harus mencari sumber lain," tutur Grace, Selasa (3/12/2019).

Sebagian orang memang mencari tambahan vitamin D dari sumber lain, seperti obat vitamin yang banyak dijual di apotek. Padahal, kata Grace, ada sumber lain yang lebih ramah dan murah yaitu sinar matahari.

"Sinar matahari bisa memenuhi 90% kebutuhan vitamin D," ungkapnya.

Semua orang hanya cukup berjemur antara 20-30 menit/hari, makan kebutuhan vitamin D sudah bisa tercukupi.

Waktu yang paling baik untuk menyerap vitamin D, antara pukul 10.00 WIB sampai pukul 13.00 WIB, saat itu kandungan vitamin D dalam sinar matahari sedang tinggi.

Ibu hamil sangat dianjurkan untuk berjemur di waktu tersebut. Dia menjelaskan, ibu hamil sangat membutuhkan vitamin D.

"Kebutuhan ibu hamil akan vitamin D sangat tinggi, karena selain untuk memenuhi kebutuhan tubuhnya sendiri, juga harus memenuhi kebutuhan janin yang sedang dikandung," paparnya.

Saat memeriksakan diri ke dokter atau bidan, ibu hamil memang biasa mendapat tambahan asupan vitamin D, namun asupan yang diberikan jauh dari kebutuhan, karena hanya bersifat tambahan.

Sehingga, katanya, berjemur di bawah sinar matahari sangat dianjurkan bagi ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan vitamin D.

"Banyak manfaat yang  bisa didapat dengan memenuhi kebutuhan vitamin D, terutama bagi ibu hamil," ujarnya.

Dengan asupan vitamin D yang cukup, janin akan mempunyai pertumbuhan tulang yang bagus. Bahkan, janin yang kurang mendapat asupan vitamin D, berpotensi mengalami stunting.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar

-->