Yamaha

Perempuan Pendaftar Anggota Panwascam di Indramayu Masih Rendah

  Selasa, 03 Desember 2019   Erika Lia
Ilustrasi -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menyalami anggota Panwas tingkat kecamatan di Kota Bandung di Hotel Horison, Bandung. (Ayobandung.com)

INDRAMAYU, AYOCIREBON.COM -- Kuota bagi perempuan yang mendaftarkan diri sebagai anggota panitia pengawas pemilu tingkat kecamatan (panwascam) di Kabupaten Indramayu, belum tercapai.

Diketahui, pendaftaran anggota Panwascam Kabupaten Indramayu dimulai sejak 27 November 2019 dan akan berakhir Selasa (3/12/2019) malam ini atau pukul 24.00 WIB. Kaum perempuan beroleh kuota 30%.

Ketua Bawaslu Kabupaten Indramayu, Nurhadi menyebut, pendaftar perempuan sejauh ini baru sekitar 14,25%.

"Sampai 12 Desember 2019, kuota pendaftar perempuan baru 14,25%," cetusnya.

Sekalipun belum mencapai kuota, dia mengingatkan, seluruh pendaftar perempuan tak praktis lolos sebagai anggota panwascam.

Para pendaftar tetap akan menjalani seleksi administrasi maupun tes tertulis dan wawancara, serupa dengan pendaftar laki-laki.

Sejauh ini, total pendaftar tercatat 358 orang dari 31 kecamatan se-Kabupaten Indramayu.

Dia meyakini, jumlah pendaftar masih akan bertambah mengingat masih terbuka hingga tengah malam nanti.

Dia menyebutkan, setiap kecamatan memiliki kuota enam pendaftar. Dari seluruh kecamatan, diketahui dua kecamatan belum memenuhi kuota pendaftar.

"Kuotanya enam orang per kecamatan. Tapi ada dua yang belum memenuhi kuota, yakni Kecamatan Sukra dan Sukagumiwang," tuturnya.

Dia mengatakan, bila hingga akhir pendaftaran tengah malam ini belum tercapai kuota, masa pendaftaran khusus untuk dua kecamatan itu akan diperpanjang.

Pasca pendaftaran sendiri, tahapan berikutnya berupa penelitian syarat administrasi dari para pendaftar.

"Mereka yang lolos akan mengikuti tes tulis dan wawancara," ujarnya.

Pihaknya akan pula meminta tanggapan dari masyarakat terhadap orang-orang yang lolos seleksi administrasi ihwal kredibilitas masing-masing.

Dari seluruh rangkaian seleksi dan tes, lanjutnya, akan ditentukan tiga orang Panwascam untuk setiap kecamatan.

"Dengan jumlah 31 kecamatan di Kabupaten Indramayu, akan ada 93 orang anggota Panwascam," cetusnya seraya menambahkan, pengumuman panwascam terpilih pada 18 Desember 2019.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar

-->