Yamaha

Belasan Ribu Personel Polisi Jabar Siap Turun Amankan Nataru 2020

  Kamis, 05 Desember 2019   Faqih Rohman Syafei
Ilustrasi pasukan polisi. (Irfan Al-Faritsi/Ayobandung.com)

BANDUNG, AYOCIREBON.COM -- Polda Jawa Barat siap mengamankan wilayahnya saat perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (nataru). Belasan ribu personel dikerahkan guna menjaga kekondusifan wilayah.

Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Trunoyudo mengatakan pada Operasi Lilin Lodaya 2019 yang berlangsung pada 23 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020, belasan ribu personel akan disebar di kota/kabupaten Jawa Barat.

"Kekuatan pengamanan Operasi Lilin Lodaya 2019 adalah personel Polri 18.330 yang didukung oleh TNI, Pemda dan mitra polisi sebanyak 9.229 personel," ujarnya saat dihubungi Ayobandung.com, Kamis (5/12/2019).

Pengerahan personel ini sebagai upaya pengamanan dan mencegah munculnya hal-hal yang tidak diinginkan jelang perayaan nataru. Para personel akan menerapkan buddy system dalam pelaksanaan tugas di lapangan.

"Diperlukan antisipasi dan kewaspadaan terhadap berbagai kerawanan, yaitu kemacetan, kriminalitas, laka lantas, konflik sosial dan aksi terorisme pada pusat-pusat keramaian, hotel, tempat ibadah, dan lain-lain," katanya.

Dia menyebutkan dalam upaya pencegahan, TNI-Polri mengerahkan intelejen guna mendeteksi kerawanan-kerawanan yang ada.

"Kabinda, kesbangpol, Den Intel, Dit intel, dan jajaran Intel berupa Pulbaket potensi ancaman, hambatan dan gangguan terhadap pelaksanaan Natal dan Tahun Baru 2020, deteksi dini dan deteksi aksi," ucapnya.

Sementara itu, kata dia, intansi terkait telah berkoordinasi dengan Polri agar turut serta menjaga situasi Jawa Barat sesuai dengan tugas dan pokok dan fungsinya masing-masing.

"Pemprov Jawa Barat melakukan operasi pasar, dan kesiapan sembako. Dishub provinsi tentang kesiapan angkutan, dan pada H-7 berikan surat edaran kepada perusahaan angkutan untuk tidak operasionalkan kendaraan di atas sumbu 2," tuturnya.

"Koordinasi command center Polda Jawa Barat untuk akses CCTV. Jasa Marga dan Bina Marga yaitu kesiapan jalan raya, jalan tol dan petugas serta akses CCTV," terangnya.

Selain itu, lanjut Truno, seperti Pertamina akan menyiapkan pasokan BBM untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Sedangkan Basarnas dan BPBD untuk penanggulangan bila terjadi bencana.

"Basarnas dan BPBD bentuk Satgas penanggulangan bencana alam di wilayah dan siapkan perlengkapan penanggulangan bencana alam. Instansi terkait berupa siapkan perkuatan personil untuk bantu pengamanan sesuai dengan fungsinya masing-masing," ucapnya.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar

-->