Yamaha

Cirebon Ngaber, Upaya Tangani Problem Sosial Lebih Masif

  Rabu, 18 Desember 2019   Erika Lia
Para penyandang disabilitas binaan DSPPPA Kota Cirebon merasakan pengalaman naik kapal perang KRI Teluk Cirebon di Pelabuhan Cirebon dalam rangka HKSN, belum lama ini. (Ayocirebon.com/Erika Lia)

KESAMBI, AYOCIREBON.COM -- Pemkot Cirebon meluncurkan program Cirebon Ngaber. Upaya penyelesaian problem sosial bersama-sama. Ngaber sendiri merupakan kependekan dari Ngalap Berkah. Dalam bahasa Cirebon, itu berarti 'mencari berkah'.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSPPPA) Kota Cirebon, Iing Daiman menyatakan, Cirebon Ngaber merupakan upaya penanganan masalah sosial secara komprehensif dan terintegrasi.

Cirebon Ngaber diluncurkan bertepatan dengan peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) Tingkat Kota Cirebon, Rabu (18/12/2019).

"Cirebon Ngaber merupakan salah satu program andalan kami. Ini upaya untuk mengatasi permasalahan sosial secara bersama-sama, komprehensif, dan terintegrasi," terangnya.

Program Cirebon Ngaber merupakan komitmen bersama antara Pemkot Cirebon dengan stakeholder terkait untuk penanganan berbagai permasalahan sosial.

Dia menyebutkan, melalui program ini siapa pun dan dalam bentuk apa pun bisa berkontribusi untuk memecahkan berbagai permasalahan sosial di Kota Cirebon.

"Tanpa melihat latar belakang personal yang memberikan bantuan atau apa apa yang disumbangkan, kami terima," katanya.

Dia menyontohkan salah satu kelompok masyarakat yang terdiri dari jurnalis Cirebon, Komunitas Pena Peduli, yang dinilai memiliki kepedulian terhadap berbagai permasalahan sosial di Cirebon.

DSPPPA dalam hal ini memiliki database kelompok sasaran penerima bantuan sosial, mulai dari penyandang disabilitas, data lanjut usia, maupun data anak jalanan dan telantar di sembilan titik binaan mereka. "Jumlahnya sekitar 200 anak," ujarnya.

Permasalahan sosial, lanjutnya, bukan semata permasalahan pemerintah daerah atau instansi teknis terkait.

Sejatinya, dibutuhkan dukungan bersama dari masyarakat dan stakeholder terkait lain.

"Kami meyakini, dengan semangat kolaborasi dan kebersamaan, berbagai permasalahan sosial di Kota Cirebon bisa ditanggulangi," ucapnya.

Selama ini, pihaknya telah menyalurkan bantuan yang bekerjasama dengan berbagai pihak.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar