Yamaha

Jelang Nataru, Pasokan Bahan Pokok di Jabar Dipastikan Aman

  Jumat, 20 Desember 2019   Nur Khansa Ranawati
Menteri Perdagangan Agus Suparmanto didampingi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menyidak Pasar Kosambi Bandung, Jumat (20/12/2019). (Ayobandung.com/Kavin Faza)

BANDUNG, AYOCIREBON.COM -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memastikan pasokan komoditas bahan pokok di Jawa Barat jelang libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 aman. Hal tersebut disampaikan setelah dirinya menghadiri sidak di Pasar Kosambi Bandung, Jumat (20/12/2019).

Sidak tersebut juga dihadiri Menteri Perdagangan Indonesia Agus Suparmanto dan Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana.

"Pasokan secara umum stabil. Pak menteri juga sudah sampaikan akan kooridnasi dengan para asosiasi untuk memastikan pasokan berjalan dengan baik," ungkap Emil, sapaan akrab gubernur.

"Insyaallah aman, jangan khawatir. Ibu-ibu silahkan belanja ke pasar tidak perlu numpuk barang," tambahnya.

Meski demikian, sejumlah harga komoditas terpantau merangkak naik. Di Pasar Kosambi misalnya, harga telur, ayam dan bawang mengalami sedikit kenaikan.

"Ya tadi setelah wawancara dengan pedagang memamg ada kenaikan seperti telur misalnya, karena kebutuhan untuk membuat kue dan sebagainya bertambah di musim ini," jelasnya.

Untuk mengantisipasi dan mengontrol kenaikan tersebut, pihak Menteri Perdagangan akan melakukan koordinasi dengan para supplier dan distributor untuk menambah pasokan sejumlah komoditas.

Sementara pihak Pemerintah Provinsi Jabar akan menggelar operasi pasar apabila kenaikan harga mengalami lonjakan.

"Jadi tadi kita koordinasi dengan Kemendag selaku pengambil kebijakan, kedua kita juga akan koordinasi dengan Bulog untuk memastikan harga-harga stabil," ungkapnya.

"Kalau sampai ada lonjakan, operasi pasar sudah disiapkan oleh Bulog untuk Jabar," lanjutnya.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar