Yamaha

Di Cirebon Gerhana Matahari Tampak Sebagian, Jangan Gunakan Kacamata Sembarangan

  Kamis, 26 Desember 2019   Adi Ginanjar
Ilustrasi gerhana.(Pixabay)
MAJALENGKA, AYOCIREBON.COM- Gerhana matahari cincin (GMC) di Wilayah Cirebon akan berlangsung parsial atau sebagian. Meski begitu, pengamatan tetap harus menggunakan filter khusus.
 
Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Kertajati, Kabupaten Majalengka, Ahmad FAA Izyn menyatakan, warga di Wilayah Cirebon, masing-masing di Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Majalengka, dan Kabupaten Kuningan, akan menyaksikan gerhana matahari pada Kamis (26/12/2019) ini.
 
"Hanya, yang bisa disaksikan hanya gerhana matahari sebagian," katanya kepada Ayocirebon.com, hari ini.
 
Menurut pengamatan BMKG, gerhana matahari parsial dapat disaksikan sekitar pukul 10.47 WIB di Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Indramayu. 
 
Selang satu menit berikutnya atau pukul 10.48 WIB, gerhana matahari ini baru terlihat di Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, dan Kabupaten Kuningan.
 
Gerhana matahari parsial diperkirakan berdurasi selama sekitar 3,5 jam se-Wilayah Cirebon.
 
Meski berlangsung parsial, pihaknya mengingatkan warga jangan mengamati GMC dengan mata tanpa menggunakan penapis cahaya.
 
"Tanpa penapis cahaya, GMC bisa menyebabkan kerusakan mata hingga kebutaan," tuturnya.
 
Warga diminta menggunakan kacamata yang menggunakan filter khusus untuk melihat matahari.
 
Kacamata biasa tak dianjurkan digunakan, segelap apapun warna lensanya. Ini berlaku pula untuk film foto, film rontgen, atau alat optik apapun, tanpa filter matahari.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar