Yamaha

Bikin Orang Tambah Nyaman, Menhub Janji Tingkatkan Kualitas Terminal Bus

  Rabu, 01 Januari 2020   Erika Lia
Menhub RI, Budi Karya Sumadi saat meninjau penyelenggaraan angkutan puncak arus balik libur Tahun Baru 2020 di Terminal Harjamukti, Kota Cirebon. (Ayocirebon.com/Erika Lia)

HARJAMUKTI, AYOCIREBON.COM -- Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi berjanji meningkatkan kualitas terminal bus. Rabu (1/1/2019), Budi meninjau langsung penyelenggaraan angkutan saat puncak arus balik libur Tahun Baru di Terminal Harjamukti.

Dalam kesempatan itu, Budi menyatakan akan mengembangkan kualitas pelayanan di terminal. Langkah itu akan dilakukan dengan menggunakan dana APBN dan investor swasta untuk pembangunan pusat komersial.

"Kami ingin meningkatkan kualitas terminal agar orang bertambah nyaman," katanya.

AYO BACA : Antisipasi Kecelakaan, Pengemudi Bus di Terminal Harjamukti Cirebon Dites Urine

Peningkatan kualitas terminal dilakukan dengan mempertimbangkan adanya masyarakat yang fanatik menggunakan bus.

Dalam hal ini, diakuinya bus memiliki kelebihan point to point, misalnya mereka yang hendak menuju ke Merak atau Probolinggo.

Cirebon sendiri dinilainya memiliki kekayaan budaya, salah satunya batik. Peningkatan kualitas terminal diharapkan dapat semakin mendorong maju dunia pariwisata di kawasan ini.

AYO BACA : Polisi Bekuk Calo Pungli di Terminal Harjamukti

"Di sini (Cirebon) kan banyak batik. Kita harapkan ini jadi tujuan wisata sehingga bisa menjadi pusat interkoneksi antara kabupaten/kota. Jadi orang yang turun dari bus langsung ke pasar itu (batik)," paparnya.

Kunjungannya ke Terminal Harjamukti sendiri, sebutnya, bertujuan memastikan penumpang merasa nyaman menggunakan bus.

Tak kalah penting, persoalan keselamatan menjadi suatu keharusan dalam perhubungan. Di Terminal Harjamukti pun sebelumnya sudah dilakukan pengecekan untuk memastikan bus di terminal iti laik jalan.

"Tapi saya selalu ingatkan kepada petugas agar tak pilih kasih. Lakukan tindakan tegas kalau ada bus yang tak laik jalan," katanya.

AYO BACA : Tekan Premanisme, Brimbob Polda Jabar Patroli di Terminal


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar