Yamaha

400 KK di Kota Cirebon Terdampak Banjir

  Selasa, 14 Januari 2020   Erika Lia
Sungai di Kelurahan Kalijaga surut pada Selasa (14/1/2020), setelah pada Senin (13/1/2020) meluap dan menggenangi lebih dari 100 pemukiman. (Ayocirebon/Erika Lia)

HARJAMUKTI, AYOCIREBON.COM -- Lebih dari 400 kepala keluarga (KK) dan 250 rumah di Kota Cirebon terdampak banjir.

Banjir diketahui menggenangi dua kelurahan di Kecamatan Harjamukti, masing-masing Kalijaga dan Pegambiran, Senin (13/1/2020) malam. Hingga Selasa (14/1/2020) siang, otoritas setempat menyatakan sejumlah keluarga mengungsi akibat kejadian itu.

Kantor Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD) Kota Cirebon mencatat, sekitar 320 KK dengan 164 rumah di Kelurahan Kalijaga terdampak banjir.

Sementara, kondisi serupa dialami pula sekitar 98 KK dengan 87 rumah di Kelurahan Pegambiran.

"Ya, sejauh ini dia kelurahan di Kecamatan Harjamukti terdampak banjir," ungkap Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSPPPA) Kota Cirebon, Iing Daiman, kepada Ayocirebon.com, hari ini.

Banjir menggenangi pemukiman penduduk di Kalijaga setinggi sekitar 1,5 meter. Sementara di Pegambiran setinggi sekitar 1 meter.

AYO BACA : Setelah Terjangan Hujan Angin, PJU di Tol Cipali Masih Diperbaiki

Akibat kejadian itu, imbuhnya, setidaknya dua keluarga mengungsi di KPBD. Sementara sejumlah keluarga lain mengungsi di rumah kerabat masing-masing.

Hujan deras disertai angin dan petir pada Senin malam mendahului banjir. Intensitas hujan yang tinggi menyebabkan dua sungai di Harjamukti, yakni Cikenis dan Cipadung, meluap.

Bukan itu saja, kondisi serupa terjadi pula pada tanggul Kali Larangan. Menurut warga sekitar, luapan air bergerak cepat menggenangi jalan-jalan dan pemukiman warga.

"Air cukup cepat menggenangi jalan di depan rumah," ujar seorang warga, Ronald.

Pascabanjir, petugas dari instansi terkait di Kota Cirebon segera mengevakuasi warga. Tak hanya KPBD, upaya penyelamatan juga dilakukan bersama petugas Damkar, personel Lanal Cirebon, Polair, Babinsa, Basarnas Pos SAR Winong, PMI Kota Cirebon, Polres Cirebon Kota, PSC 119, TAGANA, Satpol PP, serta masyarakat sekitar.

Banjir diketahui surut menjelang tengah malam, sekitar pukul 23.30 WIB.
 


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar