Yamaha

Stok Golongan Darah A di Kota Cirebon Langka, Pendonor dan Permintaan Jomplang

  Selasa, 14 Januari 2020   Erika Lia
Donor darah minim, sementara permintaan yang tinggi menyebabkan stok golongan darah A di Kota Cirebon langka. (Ayocirebon.com/Erika Lia)

KESAMBI, AYOCIREBON.COM -- Darah golongan A langka di Kota Cirebon. Palang Merah Indonesia (PMI) setempat mengalami kekosongan stok golongan ini.

Permintaan atas golongan darah A sendiri tergolong tinggi, termasuk dari luar Kota Cirebon. Nyatanya, kondisi serupa dialami pula daerah lain di sekitarnya, seperti Kabupaten Indramayu, Majalengka, maupun Kuningan.

"Sudah dua minggu terakhir ini stok darah golongan A langka. Kemarin dari Tegal juga mencari stok golongan A, tapi karena kosong kami tak bisa penuhi," ungkap Pelaksana Teknis Kepala Unit Donor Darah PMI Kota Cirebon, Asep Munandar, Selasa (14/1/2020).

Kekosongan stok golongan darah A, menurutnya, terjadi karena permintaan yang tinggi tak diimbangi jumlah pendonor. Sampai kini, pihaknya pun trus berupaya mencari sukarelawan pendonor darah.

Padahal, pelayanan rumah sakit dan instalasi kesehatan lainnya membutuhkan pula golongan darah satu ini.

Selain golongan A, dia menjamin, ketersediaan golongan darah lain seperti B, AB, dan O, terbilang aman.

Kekosongan golongan darah A, menurutnya, pula tak lepas dari ketiadaan car free day (CFD) di Jalan Siliwangi.

"Agak terasa (CFD ditutup). Dulu ketika CFD masih ada, masyarakat banyak yang berkumpul dan mendonorkan darah karena tim kami stand by di lokasi," tuturnya.

Selama CFD dibuka, sedikitnya 100 labu bisa dikumpulkan PMI Kota Cirebon dalam sehari. Kini, kala CFD telah ditiadakan, hanya sekitar 50 labu dari beragam golongan darah yang terkumpul.

Sejauh ini, dalam keadaan terdesak ketika seseorang membutuhkan golongan darah A, pihaknya akan menyarankan keluarga pasien yang memiliki golongan darah tersebut untuk mendonorkan darahnya.

"Kalau sangat dibutuhkan saat itu juga, kami berusaha meminta kepada keluarga, kerabat, atau teman yang memiliki golongan darah A untuk mendonorkan darahnya," paparnya.

Pihaknya sendiri terus mengupayakan mencari golongan darah A ke daerah lain, terutama untuk mencukupi kebutuhan dalam Kota Cirebon.

Di sisi lain, pihaknya berharap masyarakat bergolongan darah A dan sehat berkenan secara sukarela mendonorkan darahnya.

"Silakan datang ke PMI bila mau mendonorkan darah," katanya seraya mengajak.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar

-->