Yamaha

Setelah Kerajaan Agung Sejagat, Kini Muncul Sunda Empire

  Jumat, 17 Januari 2020   Faqih Rohman Syafei
Sunda Empire (ist)

BANDUNG, AYOCIREBON.COM -- Publik baru saja digegerkan dengan deklarasi kerajaaan bernama Agung Sejagat di Purworejo, Jawa Tengah. Kendati begitu, pendirinya telah diamankan kepolisan dan kedok kelompok itu dibentuk diduga untuk penipuan.

Kini, kemunculan kelompok bernama Sunda Empire alias Kerajaan Sunda bikin publik geger lagi. Setelah ditelusuri ternyata Sunda Empire berkegiatan di Bandung, Jawa Barat.

AYO BACA : Polisi Duga Motif Pendirian Kerajaan Agung Sejagat untuk Tarik Dana

Untuk memastikan legalitas dari komunitas tersebut, Ayobandung.com kemudian mencari tahu tentang terdaftar tidaknya komunitas pada Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Bandung, Jumat (17/1/2020).

Hasilnya komunitas Sunda Empire ternyata tidak terdaftar. Hal itu dipastikan Kepala Bidang Ideologi dan Wawasan Kebangsaan Kesbangpol Kota Bandung Sony. Dia mengatakan komunitas Sunda Empire tidak terdaftar sebagai organisasi masyarakat (ormas). Komunitas ini diketahui telah ada sejak 2018.

AYO BACA : Gegara Keraton Agung Sejagat, Forum Keraton Nusantara Ingin Kerajaan se-Indonesia Diumumkan

"Mereka bukan ormas, tidak tidak terdaftar sebagai ormas. Sunda Empire itu kejadiannya 2018," ujarnya kepada Ayobandung.com.

Menurutnya, muncul komunitas ini di media sosial setelah ramainya pemberitaan kasus Keraton Agung Sejagat di Purworejo, Jawa Tengah. Namun demikian, Kesbangpol Kota Bandung akan mendalami ini kembali.

"Jadi ini latah kejadian yang di Purworejo. Ini kejadian tahun 2018 itu di up lagi. Bahkan sudah ditangani dari Kodim," kata Sony.

Sony juga menyebutkan pihaknya akan menggandeng polisi dan TNI untuk memantau komunitas-komunitas semacam ini karena dinilai telah membuat heboh masyarakat umum.

"Kami bersama aparat Polisi dan TNI pasti akan memantau terus pergerakan-pergerakan seperti itu," tutur Sony.

AYO BACA : FSKN Tampik Eksistensi Keraton Agung Sejagat di Purworejo


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar