Yamaha

Warga Tionghoa Cirebon Ramai-ramai Tukar Uang untuk Angpao

  Jumat, 24 Januari 2020   Erika Lia
Warga Tionghoa di Kota Cirebon menukarkan uang untuk angpao saat Imlek esok. (Ayocirebon.com/Erika Lia)

PEKALIPAN, AYOCIREBON.COM -- Warga Tionghoa ramai-ramai memanfaatkan pelayanan penukaran uang untuk tradisi pemberian angpao saat Imlek, Sabtu (25/1/2020) esok.

Pelayanan penukaran uang sengaja dibuka Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Cirebon untuk memenuhi kebutuhan warga, khususnya warga Tionghoa yang lazim memberikan angpao kala Imlek.

AYO BACA : Jelang Imlek, Operasi Pasar Murah Digelar

Pelayanan ini dibuka bersamaan operasi pasar murah di dua titik di Kota Cirebon, yang tak jauh dari dua rumah ibadah, masing-masing Vihara Pemancar Keselamatan (Vihara Boen San Tong) di area Pasar Kanoman, Kelurahan/Kecamatan Pekalipan, serta Vihara Dewi Welas Asih di area Pelabuhan Cirebon, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Lemahwungkuk.

Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi KPwBI Cirebon, Sudono menyebutkan, nilai uang yang disediakan untuk penukaran ini sejumlah Rp660 juta.

AYO BACA : Serba Serbi Imlek: Dari Cuci Rupang, Esensi Imlek, Sampai Genosida 3 Generasi

Nilai pecahan uang yang ditukar warga sendiri beragam, mulai dari yang tertinggi Rp100.000, Rp50.000, Rp20.000, Rp10.000, Rp5.000, Rp2.000, hingga nilai terendah Rp1.000.

"Pelayanan penukaran uang untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat yang merayakan Imlek. Biasanya dalam perayaan Imlek kan ada tradisi memberikan uang atau angpao," tuturnya di sela kegiatan, Jumat (24/1/2020).

Biasanya, imbuh dia, untuk angpao masyarakat menukarkan uang yang pecahannya besar.

Kegiatan penukaran uang sendiri rutin dilakukan pula menjelang Idul Fitri. Ke depan, pihaknya berencana menghadirkan pelayanan yang sama pada hari besar lain, salah satunya libur sekolah.

"Kami ingin lebih bermanfaat dan bermakna pada setiap perayaan atau hari besar Indonesia," tandasnya.

AYO BACA : Diwarnai Prosesi Ciap Sin, Warga Tionghoa Siap-siap Kirab Budaya Cap Go Meh


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar