Yamaha

Diduga Hina TNI di Facebook, Pria Majalengka Diancam Penjara

  Kamis, 30 Januari 2020   Erika Lia
Kodim 0617/Majalengka dan Polres Majalengka mengamankan seorang warga yang diduga telah menghina institusi negara melalui media sosial. (Ist)

MAJALENGKA, AYOCIREBON.COM -- Diduga telah menghina institusi negara, seorang warga Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Majalengka, Kur (40), diamankan Tim Intel Kodim 0617/Majalengka, Kamis (30/1/2020).

Memanfaatkan media sosial Facebook, Kur diduga telah menghina TNI dan Polri, termasuk Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto.

Kapolres Majalengka AKBP Mariyono menyebut, Kur (40) telah dimintai keterangan di Makodim 0617/Majalengka, sebelum kemudian diserahkan langsung ke Polres Majalengka, pada 21 Desember 2019 guna diproses lebih lanjut.

"Dari hasil pemeriksaan para saksi, saksi ahli, dan tersangka, yang dituangkan dalam berita acara pemeriksaan masing-masing, perbuatan tersangka termasuk perkara dugaan penghinaan dengan tulisan terhadap institusi negara (TNI) melalui Facebook," beber Mariyono.

Bersama Dandim 0617/Majalengka, Letkol Inf. Harry Subarkah dan Kasat Reskrim Polres Majalengka, AKP M. Wafdan Muttaqin, selain saksi, dugaan itu dikuatkan dengan barang bukti yang telah disita.

Barang bukti yang diamankan sendiri di antaranya satu unit handphone, sebuah kartu SIM (Subscriber Identity Module), beberapa tangkapan layar postingan Kur pada Facebook, dan lainnya.

Tersangka Kur sendiri diketahui telah meminta maaf. Namun, dia memastikan perkara ini tetap diproses secara hukum.

"Berkas dinyatakan sudah lengkap oleh Kejaksaan Negeri Majalengka dan akan segera dilimpahkan," tegasnya.

Atas perbuatannya, Kue diancam hukuman satu tahun tujuh bulan penjara sesuai Pasal 207 KUHPidana.

Dandim 0617/Majalengka, Letkol Inf. Harry Subarkah menyatakan, pelaku sebelumnya telah mengungkapkan penyesalan dan meminta maaf kepada anggota TNI. Dia bahkan berjanji tak mengulanginya kelak.

"Tersangka sudah kami serahkan ke Satreskrim Polres Majalengka," ujarnya.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar