Yamaha

Kesehatan WNA Tiongkok di RSDGJ Membaik

  Jumat, 07 Februari 2020   Erika Lia
Direktur RSDGJ, Kota Cirebon, Ismail Jamalludin (kedua dari kiri). (ayocirebon/Erika Lia)

KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM -- Kondisi WNA Tiongkok yang dalam pengawasan Rumah Sakit Daerah Gunung Jati (RSDGJ), Kota Cirebon, XC (25), diklaim semakin membaik. Deritanya hanya menyisakan batuk.

Direktur RSDGJ, Ismail Jamalludin mengungkapkan, perkembangan kesehatan XC, seniman perempuan asal Provinsi Hubei yang beribukota Wuhan, tampak menyenangkan.

"Panasnya sudah turun, hanya batuk masih, tapi nggak mengganggu. Secara umum perkembangannya makin membaik," terangnya kepada Ayocirebon.com, Jumat (7/2/2020).

Meski begitu, dia meyakinkan, XC masih menjalani perawatan di ruang isolasi RSDGJ. Kondisinya terus dipantau tenaga medis dan paramedis setempat.

AYO BACA : WNA Tiongkok yang Diisolasi di RSDGJ Cirebon Bakal ke Yogyakarta

Sampai kini, pihaknya masih menanti hasil pemeriksaan sampel apus hidung dan tenggorokan (swab nasofaring), dahak (sputum), dan darah (serum).

"Pemeriksaan swab dan laboratorium sudah dilakukan Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKL-PP) pada Rabu (5/2/2020) sore," tuturnya.

Dia mengaku tak tahu pasti hasil pemeriksaan itu akan diterima pihaknya. Hanya, biasanya dalam lima hari kerja hasilnya akan keluar.

Dia berharap hasilnya akan diterima secepatnya dan menyatakan XC negatif coronavirus.

AYO BACA : Empat WNA Tiongkok di Desa Barisan Dipantau

Bila kelak XC negatif, imbuhnya, dia bisa saja keluar rumah sakit. Namun, pengawasan dimungkinkan tetap berlaku baginya.

"Tapi, soal penanganan pasien XC nanti, bila negatif, akan kami koordinasikan dengan pihak-pihak terkait lain," cetusnya.

Sementara itu, dia meyakinkan, empat WNA Tiongkok lain yang merupakan rekan-rekan XC dan tengah berlatih tari di salah satu sanggar di Desa Barisan, Kecamatan Losari, Kabupaten Cirebon, dalam

kondisi baik. Namun, mereka pun tetap dalam pengawasan unsur muspika setempat.

Sejak coronavirus merebak, manajemen RSDGJ mengharuskan seluruh karyawannya mengenakan masker pada wajah. Keutamaan diberlakukan bagi tenaga medis dan paramedis yang berkontak dengan pasien XC.

"Kami juga mengingatkan publik untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat, di antaranya mencuci tangan dengan sabun dan menutup hidung serta mulut saat batuk dan bersin," tandasnya.

 

AYO BACA : Kondisi WNA Asal Hubei Normal, Pengawasan Tetap Berlaku


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar