Yamaha

Virus Corona Bikin Kacau Pasar Telepon Pintar

  Jumat, 07 Februari 2020   Ananda Muhammad Firdaus
ilustrasi. (Pixabay)

KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM -- Virus corona yang mewabah membuat berbagai negara khawatir. Tidak terkecuali pasar smartphone dunia yang disebut-sebut ikut berantakan karena wabah virus ini.

Hal ini tentu memberikan dampak besar mengingat pasar smartphone saat ini didominasi oleh produk-produk asal China. Bukan hanya smartphone asal China, smartphone asal Amerika, iPhone juga ikut merasakan dampak virus corona ini.

Analis Apple, Ming Chi Kuo memprediksi bahwa pegiriman iPhone di kuartal pertama kemungkinan akan mengalami penurunan hingga 10%.

Mengutip Mac Rumors, beberapa tipe iPhone yang kemungkinan akan terganggu adalah produksi iPhone 9 atau iPhone SE 2 yang kabarnya segera rilis di tahun 2020 ini.

Lebih lanjut, Ming Chi Kuo juga menjelaskan bahwa pengiriman smartphone China juga mengalami penurunan drastis diduga kuat terjadi karena menurunnya tingkat kepercayaan konsumen akibat virus corona.

Selain ikut berdampak pada smartphone secara perangkat, virus corona ini juga mempengaruhi chipset perangkat smartphone seperti Qualcomm.

Vendor chip ini mengaku mengalami penurunan saham terkhusus mengenai permintaan perangkat dan rantai pasokan di tengah kemunculan virus corona.

Dilaporkan bahwa saham Qualcomm turun sebanyak 3,75% dalam perdagangan pasca jam kerja. Menangani hal ini, Qualcomm memutuskan untuk menurunkan batas bawah pedoman laba per saham sebanyak 5 sen.

Lebih lanjut, strategi perusahaan ini adalah dengan mengusahakan pasar lain untuk mengatasi masalah pasokan chip yang terganggu akibat virus corona ini.

Kemunculan virus corona tidak dapat dipungkiri begitu mengganggu dan mengancam manusia bahkan industri teknologi seperti pasar smartphone dunia.

Hingga artikel ini dibuat, tidak diketahui dengan pasti mengenai usaha apa yang dilakukan demi penanganan masalah virus corona yang mempengaruhi pasar smartphone ini.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar