Yamaha

Ini Atraksi Baru yang Bakal Segarkan Karnaval Cap Go Meh Esok

  Jumat, 07 Februari 2020   Erika Lia
Joli atau tandu di Vihara Dewi Welas Asih yang akan digunakan saat arak-arakan Cap Go Meh esok. (Ayocirebon.com/Erika Lia)

LEMAHWUNGKUK, AYOCIREBON.COM -- Atraksi cosplay yang mengenakan kostum ikon-ikon Tionghoa akan meramaikan perayaan Cap Go Meh di Kota Cirebon, Sabtu (8/2/2020).

Karnaval Cap Go Meh di Wilayah Cirebon dipusatkan di Vihara Dewi Welas asih, Kota Cirebon. Arak-arakan joli atau tandu para rupang (patung dewa dewi), ditambah atraksi barongsai dan liong rutin ditampilkan pada momen tersebut.

Sebagai pusat, Vihara Dewi Welas Asih di Kecamatan Lemahwungkuk, menerima rupang dari vihara maupun klenteng se-Wilayah Cirebon. Tradisi ini dikenal dengan istilah Kim Sin dan berlangsung sehari jelang Cap Go Meh, Jumat (7/2/2020).

AYO BACA : Ini Doa dan Pengharapan Warga Tionghoa Cirebon Kala Imlek

Koordinator karnaval Cap Go Meh Vihara Dewi Welas Asih, Indra Liem mengungkapkan, atraksi cosplay yang menampilkan ikon-ikon Tionghoa akan membedakan karnaval Cap Go Meh tahun ini dengan tahun sebelumnya.

"Total 19 cosplay ditampilkan pada perayaan Cap Go Meh besok," ungkapnya.

Kostum yang akan ditampilkan di antaranya Dewi Kwan Km beserta empat muridnya, delapan dewa, dan Tong Sam Cong serta murid-muridnya, salah satunya Sun Go Kong.

AYO BACA : Sembahyang Jelang Imlek, Tradisi Warga Tionghoa yang Memudar

Para cosplayer (penampil), imbuhnya, merupakan siswa di dua sekolah. Dalam karnaval, mereka akan turut dalam rombongan yang berjalan kaki.

"Tujuannya agar bisa berbaur dengan masyarakat yang menyaksikan perayaan Cap Go Meh," jelasnya.

Penampilan cosplayer pada Cap Go Meh kali ini, diyakininya akan menjadi penyegar dari perayaan Cap Go Meh tahun sebelumnya. Masyarakat dapat menyaksikan hal baru pada karnaval di tahun tikus logam ini.

Pada 2015, perayaan Cap Go Meh di Kota Cirebon pernah pula menampilkan atraksi serupa. Namun, sempat terhenti pada 2018 dan 2019.

AYO BACA : Toleransi dan Kebersatuan di Balik Imlek


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar