Yamaha

Anggaran Revitalisasi Tahap Dua Alun-alun Kejaksan Senilai Rp15 Miliar

  Kamis, 13 Februari 2020   Republika.co.id
Desain revitalisasi Alun-alun Kejaksan, Kota Cirebon, Kamis (24/1/2019), yang dibiayai Pemprov Jabar dengan target penguatan sektor pariwisata. (Ayocirebon.com/Erika Lia)

KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM -- Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Cirebon Syaroni mengatakan bahwa revitalisasi Alun-alun Kejaksan Kota Cirebon tahap kedua segera dimulai.

Revitalisasi yang dirancang dan didesain oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil itu nantinya diharapkan semakin menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke kota tersebut.

Adapun dana yang dianggarkan untuk revitalisasi Alun-alun Kejaksan tahap kedua itu sebesar Rp15 miliar. Anggaran tersebut bersumber dari APBD Provinsi Jawa Barat.

"Tahun kemarin revitalisasi tahap pertama sudah dilakukan. Sekarang berlanjut ke revitalisasi tahap kedua," ujar Syaroni, Rabu (12/2/2020).

Syaroni mengungkapkan, lelang fisik untuk revitalisasi Alun-alun Kejaksan tahap kedua ditargetkan berlangsung pada pertengahan Februari. Dengan demikian, pada akhir bulan ini, pemenang lelang sudah ditentukan.

"Jadi revitalisasi alun-alun tahap kedua kita harapkan sudah bisa dimulai pada awal Maret mendatang," tutur Syaroni.

Berdasarkan jadwal pada dokumen pengerjaan, masa pengerjaan revitalisasi alun-alun tahap kedua itu berlangsung selama 120 hari kerja. Dengan demikian, maka revitalisasi semestinya selesai pada Juni atau Juli. Jika hal itu tercapai, maka penggunaan alun-alun bisa dilakukan pada Agustus.

"Kita ingin alun-alun bisa dipakai kembali secara perdana untuk upacara 17 Agustus tahun ini," ucap Syahroni.

Seperti diketahui, revitalisasi alun-alun tahap pertama dikerjakan pada 2019 dengan anggaran sebesar Rp30 miliar. Anggaran itupun bersumber dari APBD Provinsi Jawa Barat.

Proyek revitalisasi Alun-alun Kejaksan dirancang dan didesain oleh Gubernur Jabar, Ridwan Kamil. Rencananya, alun-alun itu juga akan dimanfaatkan sebagai lokasi wisata, baik belanja maupun kuliner, sehingga makin menarik wisatawan.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar