Yamaha

Alasan Petani Indramayu Tak Bisa Tanam Bawang Putih

  Jumat, 14 Februari 2020   Erika Lia
Bawang putih (Ayobandung.com/Kavin Faza)

INDRAMAYU, AYOCIREBON.COM -- Di tengah melonjaknya harga bawang putih, para petani di Kabupaten Indramayu rupanya tak bisa menanam tanaman satu ini.

Selain padi, para petani di Indramayu diketahui menanam palawija dan buah-buahan. Namun, tiada satu pun yang menanam bawang putih.

Wakil Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Indramayu, Sutatang mengungkapkan, sejak dulu sampai kini, tanaman bawang putih tak pernah dijumpainya ditanam petani Indramayu.

"Bawang putih setahu saya tidak ada (yang tanam). Kalau bawang merah, ada," cetusnya, Jumat (14/2/2020).

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Indramayu, Takmid menjelaskan, ketiadaan petani yang menanam bawang putih tak lepas dari kondisi geografis Indramayu.

"Secara geografis, Kabupaten Indramayu terletak di dataran rendah sehingga tidak cocok untuk tanaman bawang putih," jelasnya.

Karena itu, dia pun memastikan, bawang putih tak termasuk komoditas yang dihasilkan Indramayu.

Sebagian besar petani Indramayu selama ini menanam tanaman padi, hingga menjadikan daerah ini salah satu lumbung pangan nasional.

"Produksi padinya berlimpah," ujarnya.

Meski tak bisa menanam bawang putih, tanaman lain bisa ditanam di Indramayu, selain padi.

'Saudara' bawang putih, yakni bawang merah, menjadi salah satu tanaman yang digarap petani.

Selain itu, ada pula yang menanam cabai merah, kacang panjang, terong, hingga buah-buahan seperti mangga dan semangka, yang cocok dengan kondisi geografis Indramayu.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar