Yamaha

4 Film Kesehatan Mental yang Wajib Ditonton!

  Jumat, 21 Februari 2020   Ananda Muhammad Firdaus
Poster film To The Bone. (m.media-amazon.com)

KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM -- Hingga kini, kesehatan mental masih menjadi salah satu topik yang dianggap tabu untuk dibicarakan di ruang publik. Meskipun sudah ada aktivis yang mulai berani mengangkat topik-topik tersebut di media sosial. Tetapi tetap saja masih banyak orang yang belum paham mengenai isu-isu tersebut. Bahkan, banyak dari mereka yang masih menganggap sepele pentingnya edukasi mengenai kesehatan mental.

Sebenarnya, ada banyak cara yang bisa dilakukan, untuk mengedukasi dan meningkatkan kesadaran diri akan pentingnya memahami isu-isu kesehatan mental. Salah satunya adalah melalui tontonan atau film. Berikut empat rekomendasi film yang mengangkat tema kesehatan mental sebagai topik utamanya:

1. To the Bone (2017)

Film besutan Netflix yang dirilis pada 14 Juli 2017 ini, berkisah tentang perjuangan seorang perempuan berusia 20 tahun bernama Ellen (Lily Collins), yang didiagnosa menderita eating disorder atau anoreksia. Ellen berjuang keras untuk sembuh dari penyakitnya tersebut dengan menjalani pengobatan di sebuah tempat perawatan. Namun, Ellen terpaksa dipulangkan karena membuat gaduh suasana di tempat tersebut. Ibu tiri Ellen, Susan (Carrie Preston) mencoba usaha terakhir dengan meminta bantuan Dr. William Bechkham (Keanu Reeves) demi kesembuhan putrinya.

2. A Beautiful Mind (2001)

"A Beautiful Mind" merupakan film yang diadaptasi dari kisah nyata, berkisah tentang seorang ahli matematika ternama bernama John Nash yang mengidap gangguan psikologis skizofernia. Penyakit yang dideritanya, membuat John sering berhalusinasi dan menciptakan tokoh-tokoh yang sebenarnya hanya ada di kepalanya saja. Keadaannya tersebut, membuat hidup John kerap dibayangi oleh ketakudan dan membuatnya kesulitan berpikir secara rasional.

Seiring berjalannya waktu John mampu belajar untuk menjalani hidup normal,dan berusaha mengabaikan keberadaan tokoh-tokoh yang ada di dalam kepalanya. Setelah berjuang melawan penyakitnya selama puluhan tahun, John akhirnya berhasil meraih penghargaan nobel pada 1994 di usianya yang sudah cukup tua.

3. Stil Alice (2014)

Film yang rillis pada 2015  ini diangkat dari sebuah novel terlaris dengan judul sama karya Lisa Genova. "Still Alice" bercerita tentang Dr. Alice Howland (Julianne Moore), seorang profesor ahli saraf yang mengetahui bahwa dirinya mengidap penyakit Alzheimer. Hidup sempurnanya pun berubah drastis, ketika Alice merasakan gejala-gejala aneh, dan mulai melupakan hal-hal penting di dalam hidpnya. Alice dibantu keluarganya, berjuang bersama untuk melawan penyakitnya tersebut, dan mengatur kembali kembali demi pekerjaan, pernikahan, dan anak-anak.

4. Silver Lining Playbooks (2012)

Film ini berkisah tentang Patrizio Solitano Jr (Bradley Cooper), seorang lelaki pengidap bipolar disorder (kepribadian ganda) yang baru saja keluar dari rumah sakit jiwa (RSJ), akibat mengamuk seusai memergoki istrinya, Nikki, berselingkuh. Setelah delapan bulan menjalani perawatan, Patrizio pun berusaha memulai hidupnya kembali.

Di dalam perjuangannya tersebut, Patrizio tidak sengaja bertemu dengan Tiffany Maxwell (Jennifer Lawrence). Seorang perempuan yang mengalami depresi karena kehilangan suaminya. Keduanya pun saling tertarik, namun depresi dan gangguan jiwa yang mereka idap menjadi halangan bagi mereka untuk bersatu. Kisah cinta unik ini sangatlah mengharukan sekaligus sedih. (Vina Elvira)


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar