Yamaha

Hoaks!, Informasi Penutupan Pasar Tiga Hari di Kota Cirebon

  Kamis, 19 Maret 2020   Erika Lia
Brodcast penutupan pasar tiga hari ke depan beredar ke tengah publik Kota Cirebon yang dipastikan hoax. (Erika Lia L/PicsArt)

KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM -- Beredar informasi penutupan seluruh pasar di Kota Cirebon pada Jumat (20/3/2020) melalui aplikasi perpesanan WhatsApp (WA). Otoritas setempat memastikan informasi tersebut bohong alias hoax.

Sejumlah ibu rumah tangga meresahkan peredaran informasi yang menyebut semua pasar akan ditutup serentak selama tiga hari.

Penutupan disebut-sebut berkaitan dengan aktivitas penyemprotan. Penyemprotan diduga berupa cairan disinfektan sebagai upaya mencegah penyebarluasan virus Corona penyebab Covid-19.

Informasi penutupan pasar itu bahkan membawa-bawa nama PD Pasar Cirebon sebagai sumbernya.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi UMK Kota Cirebon, Maharani Dewi memastikan informasi yang merebak ke tengah publik itu tidak benar. 

"Terkait isu yang beredar bahwa ada beberapa pasar yang akan tutup, itu adalah berita yang tidak benar," ungkapnya kepada Ayocirebon.com, Kamis (19/3/2020).

Pun begitu dengan informasi akan adanya penyemprotan di pasar-pasar. Dia juga menegaskan, setelah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat, informasi itu bohong adanya.

Menurutnya, rencana penyemprotan akan didahului pemberitahuan resmi oleh Dinkes.

"Kalau ada penyemprotan ke pasar-pasar, Dinkes akan memberitahu. Mohon maklum adanya berita yang kurang bisa dipertanggungjawabkan," ujarnya.


 


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar