Yamaha

100 PDP dan OPD di Kabupaten Cirebon Dinyatakan Sehat

  Kamis, 02 April 2020   Erika Lia
Ilustrasi warga menggunakan masker untuk mencegah penyebaran virus corona. (ayobandung)

SUMBER, AYOCIREBON.COM -- Setidaknya 100 pasien dalam pengawasan (PDP) dan orang dalam pemantauan (ODP) di Kabupaten Cirebon dinyatakan sehat, Kamis (2/4/2020).

Mereka terdiri dari 18 PDP dan 82 ODP. Otoritas setempat menyatakan, 18 PDP yang sebelumnya dirawat di rumah sakit telah dinyatakan sehat dan diizinkan pulang.

Selain mereka, 82 ODP dinyatakan telah selesai dipantau. Proses pemantauan, sesuai prosedur yang berlaku, berjalan selama 14 hari.

"Sehat semua," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Nanang Ruhyana kepada Ayocirebon.com.

Dia meyakinkan, kecuali PDP, seluruh PDP telah menjalani pemeriksaan swab. Di luar mereka yang telah dinyatakan sehat, sampai hari ini pihaknya mendata masih terdapat sepuluh PDP yang menjalani perawatan.

Nanang memastikan, kesepuluh PDP itu telah menjalani pemeriksaan swab oleh petugas Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) di Jakarta.

Bila kelak hasil swab menyatakan negatif dan secara umum kondisi sehat, pasien bersangkutan pun akan dipulangkan.

"Sudah (diambil sampel swab), tinggal menunggu hasil. Kalau negatif dan sehat, mereka boleh pulang," cetusnya.

Sementara, jumlah ODP yang masih dipantau berjumlah 37 orang. Untuk pasien positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon masih terdata dua orang.

Kedua pasien Covid-19 tersebut masih menanti hasil swab dari BBTKLPP. Mereka masih diisolasi di dua rumah sakit berbeda.

"Mereka masih menunggu hasil swab ketiga kali. Sampai hasil swab negatif berturut-turut, mereka baru diizinkan pulang," ujarnya.

Hingga 2 April 2020, tercatat dua pasien Covid-19 (positif) di Kabupaten Cirebon. Selain pasien positif, tercatat jumlah PDP 28 pasien dan jumlah ODP 119 orang di Kabupaten Cirebon.
 


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar