Yamaha

Okupansi Hotel di Kota Cirebon Merosot, 7 Hotel Tutup

  Sabtu, 04 April 2020   Erika Lia
Ilustrasi. (Pixabay)

KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM -- Okupansi hotel di Kota Cirebon merosot tajam di tengah pandemi Covid-19. Tujuh hotel bahkan tutup sementara waktu.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Cirebon Imam Reza Hakiki mengungkapkan, penutupan terpaksa dilakukan pihak manajemen karena tingkat hunian selama pandemi Covid-19 tak bisa menopang biaya operasional.

"Kamar yang terisi tak cukup menutupi biaya operasional," katanya, Sabtu (4/4/2020).

Ketujuh hotel tutup sementara sejak pertengahan Maret 2020 hingga awal April 2020.

Hotel-hotel itu di antaranya Swiss-Bell Hotel Cirebon, Grage Grand Business, Citra Dream, Hotel Amaris, Hotel Asri, Tryas Hotel, dan Hotel Uma.

Menurutnya, sejak akhir Maret beberapa hotel telah tutup lebih dulu. Jumlahnya kemudian bertambah sejak 1 April 2020.

"Penutupan berlaku berbeda setiap hotel. Ada yang selama satu bulan, ada juga yang sampai batas waktu belum ditentukan," tuturnya.

Dia menyebutkan, tingkat okupansi hotel merosot sejak sekitar pekan kedua Maret 2020. Rata-rata harian okupansi saat ini di bawah 10%.

"Dari pekan kedua Maret, okupansi turun lebih dari 50%. Terus turun sampai sekarang, paling hanya 5-7 kamar yang terisi setiap hari," tuturnya.

Saat normal, rata-rata okupansi harian hotel-hotel di Kota Cirebon minimal 40%. Jumlahnya meningkat pada akhir pekan menjadi sekitar 97%. 


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar