Yamaha

Kesalahan Ini Sering Terjadi Saat Memanggang Kue

  Senin, 13 April 2020   Vina Elvira
ilustrasi. (Pixabay)

KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM -- Saat menjalani masa karantina di rumah, Anda mungkin akan lebih banyak mencoba aktivitas baru yang sebelumnya tidak sempat Anda lakukan. Salah satunya adalah membuat kue.

Memasak, khususnya memanggang kue, merupakan salah satu aktivitas menarik yang dapat Anda lakukan untuk mengisi waktu luang di rumah.

Mungkin sebagian dari Anda sudah mulai mengunjungi banyak situs untuk mencari resep kue yang menarik untuk dicoba.

Tapi, sebelum Anda memulai eksperimen di dapur, sebaiknya Anda pahami terlebih dahulu bagaimana cara untuk membuat kue yang tepat. Hal ini penting untuk menghindari kesalahan dalam membuat kue, yang sering dilakukan oleh para pemula.

Melansir dari Swistler.ndtv (9/4/2020), berikut 6 kesalahan dalam memanggang kue yang perlu Anda ketahui:

1. Memanggang dalam oven yang belum dipanaskan

Paling sering orang lupa memanaskan oven terlebih dahulu. Mereka langsung menaruh adanan kue ke dalam oven yang belum panas.

Hal ini dapat mengacaukan proses pemanggangan kue. Tunggu sampai oven benar-benar dipanaskan sebelum dipanggang.

2. Takaran bahan kue tidak benar

Ini adalah kesalahan lain yang sering dilakukan oleh para pemula. Ketika membuat kue, jangan pernah mengira-ngira takaran kue yang digunakan. Sebaliknya, setiap takaran haruslah sesuai dengan resep yang ada.

Bila tidak konsisten dalam memasukan takaran, adonan kue yang Anda buat akan gagal dan kue yang dibuat tidak akan sesuai dengan ekspektasi Anda.

 3. Terlalu sering mengecek oven (ketika kue sedang dipanggang)

Membuka oven memungkinkan udara panas keluar dan menurunkan suhu di dalam oven. Hal ini bisa menyebabkan kue tidak mengembang dengan sempurna dan menjadi bantet.

Lebih baik Anda mengamati proses pemanggangan kue melalui kaca oven, untuk menghindari udara luar masuk ke dalam, yang akan memengaruhi suhu di dalamnya.

4. Kue terlalu kering atau terlalu basah

Memanggang terlalu lama akan menghasilkan kue kering, sementara memanggang terlalu cepat dapat menyebabkan kue Anda menjadi lembek dan tidak matang sempurna.

Jika kue Anda kering, tusuk beberapa lubang kecil di bagian atas kue dan taburi kue dengan sirup gula yang akan meresap ke dalamnya. Cara ini akan memberikan tekstrur lembut pada kue yang terlalu kering.

Jika bagian luar kue Anda tampak matang sempurna, tetapi bagian tengahnya masih terlihat basah, kurangi suhu oven hingga 20-25 derajat celcius.

Tutup bagian atas kue dengan kertas aluminium dan terus panggang selama beberapa menit, sampai tusuk gigi menembus bagian tengahnya.

5. Kesalahan dalam mengolah tepung

Jika adonan Anda menghasilkan tekstur yang aneh (kental, tidak rata, terlalu kaku, terlalu berair).

Maka bisa jadi Anda melakukan kesalahan-kesalahan berikut; menggunakan jumlah tepung yang salah (mengukurnya tidak tepat), atau tidak menyaring tepung dengan benar sehingga adonan menjadi kental atau tidak tercampur rata.

6. Kue tidak terpanggang secara merata

Jika kue yang Anda panggang tetap dalam posisi sama selama proses pemanggangan, kemungkinan besar mereka tidak akan matang secara merata.

Untuk menghindari hal ini, pastikan untuk memutar loyang kue Anda setidaknya sekali selama proses pemanggangan untuk memastikan mereka dipanggang secara merata.

Penting untuk dicatat, cukup putar loyang beberapa kali saja, jangan terlalu sering mengecek oven.


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar