bank bjb
  

Kesehatan Justru Meningkat karena Puasa? Ini Kata Dokter

  Jumat, 16 April 2021   Nur Khansa Ranawati
Kesehatan Justru Meningkat  karena Puasa? Ini Kata Dokter
ilustrasi. (Shutterstok)

BANDUNG, AYOCIREBON.COM -- Meningkatkan dan menjaga sistem imun tubuh merupakan hal yang penting dilakukan terutama saat menghadapi pandemi. Beruntungnya, berpuasa telah terbukti menjadi salah satu sarana untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Hal tersebut disampaikan Kepala Pusat Studi Imunologi Fakultas Kedokteran Unpad-RSHS Bandung dr Sumartini Dewi. Dia mengatakan, berdasarkan sejumlah studi, puasa memiliki peran yang signifikan terhadap kesehatan tubuh.

Salah satunya seperti studi yang dilakukan oleh para ilmuwan yang diketuai oleh Profesor Valter Longo di University of Southern California (UCLA) Amerika Serikat. Hasilnya menyebutkan bahwa puasa selama tiga hari berturut-turut dapat menyebabkan peningkatan yang signifikan bagi kesehatan, khususnya dalam peningkatan daya tahan tubuh.

"Dalam penelitian tersebut, para peneliti menemukan bahwa rasa lapar memicu sel-sel induk dalam tubuh untuk memproduksi sel darah putih baru untuk melawan infeksi. Para peneliti itu juga menyebutkan bahwa puasa berfungsi sebagai 'pembalik sakelar regeneratif' yang mendorong sel induk menciptakan sel darah putih baru," ungkap Sumartini di Bandung, Senin (27/4/2020).

Penciptaan sel darah putih baru inilah yang menjadi dasar regenerasi seluruh sistem kekebalan tubuh. Puasa memberi tanda ‘OK’ bagi sel induk hematopoiesis untuk terus berkembang biak, membangun kembali seluruh sistem imun.

"Selain itu tubuh juga menyingkirkan bagian-bagian dari sistem imun yang rusak, tua, atau tidak efisien selama berpuasa," jelasnya.

Tak hanya membuat cadangan lemak terpakai, dengan berpuasa, tubuh juga mampu merusak sel darah putih lama. Hal ini membuat tubuh menginduksi perubahan yang memicu regenerasi sel induk.

"Regenerasi sel induk tersebut (fungsinya) untuk membuat sel sistem kekebalan tubuh baru," ungkapnya.

Di samping itu, dia mengatakan berbagai penelitian juga telah membuktikan bahwa puasa dapat mengurangi peradangan dalam tubuh. Hal tersebut terjadi secara signifikan.

"Peradangan berlebihan adalah penyebab banyak penyakit kronis yang kita hadapi saat ini termasuk Alzheimer, demensia, diabetes, obesitas, dan banyak lagi," jelasnya.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar