bank bjb
  

THR PNS Kota Cirebon Cair Esok, Jangan Lupa Nabung dan Berbagi

  Kamis, 14 Mei 2020   Erika Lia
THR PNS Kota Cirebon Cair Esok, Jangan Lupa Nabung dan Berbagi
Ilustrasi ASN. (Ayobandung.com)

LEMAHWUNGKUK, AYOCIREBON.COM -- Tunjangan Hari Raya (THR) bagi PNS di Kota Cirebon diagendakan cair Jumat (15/5/2020) esok.

Sedikit berbeda, otoritas setempat berharap PNS memanfaatkan sebaiknya THR tahun ini. Selain menabung, PNS diingatkan pula tak lupa berbagi terhadap sesama.

Kepala BKD Kota Cirebon, Agus Mulyadi memastikan, regulasi terkait pemberian THR telah terbit, baik dari pusat hingga daerah sebagai tindaklanjut.

"Peraturan dari Kementerian Keuangan dan aturan teknisnya telah kami terima kemarin (Rabu, 13 Mei 2020). Kemudian ditindaklanjuti melalui peraturan wali kota yang diundangkan hari ini," katanya kepada Ayocirebon.com, Kamis (14/5/2020).

Rencananya, pencairan THR akan ditransfer ke rekening bank bjb masing-masing pegawai.

"Alhamdulillah bisa cair sesuai rencana, tapi mungkin agak siang aja cairnya," cetusnya.

Dia menegaskan, tak seluruh PNS beroleh THR. Di tengah pandemi Covid-19, pemerintah pusat telah memutuskan hanya PNS eselon III ke bawah yang menerima THR.

THR kali ini tak diterima PNS eselon II maupun pejabat negara, dalam hal ini seperti wali kota dan wakil wali kota Cirebon.

Meski menerima THR, komponen bagi penerimanya pun tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

"Tahun ini, komponen THR tanpa tunjangan kinerja (tukin). Komponennya hanya gaji pokok, tunjangan keluarga, dan tunjangan yang melekat pada jabatan," jelasnya.

Dia tak menampik alokasi anggaran untuk THR tahun ini turun dibanding tahun sebelumnya.

Tahun ini, alokasi untuk THR lebih dari Rp21 miliar bagi total sekitar 4.730 PNS se-Kota Cirebon. Sementara, alokasi THR tahun lalu sekitar Rp39 miliar yang diperuntukkan bagi sekitar 4.760 PNS.

"Sebenarnya kalau melihat angka, tidak terlalu drastis turunnya," ujar Agus.

Mewakili Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis, dia mengajak PNS yang menerima THR untuk memanfaatkan sebaiknya, terlebih tahun ini tak ada mudik dan perayaan lebaran besar-besaran. Dia mengingatkan, belum dapat dipastikan sampai kapan pandemi Covid-19 berlangsung.

Karena itu, PNS diimbau menabungkan sebagian THR-nya sebagai simpanan di masa sulit. Selain menabung, pihaknya menyarankan pula PNS berbagi terhadap sesama, terutama di lingkungan sekitarnya.

"Sebab lebih banyak yang tidak beruntung. Semoga THR ini bermanfaat untuk keluarga, minimal untuk bertahan di tengah pandemi," tuturnya.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar