Yamaha

Syarat dan Ketentuan Zakat Fitrah, Berikut Jadwal Imsak dan Salat Untuk Cirebon 17 Mei 2020

  Sabtu, 16 Mei 2020   Erika Lia
KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM- Sepekan menjelang Idulfitri 2020, jangan lupa untuk mulai mengingat zakat fitrah yang diwajibkan atas masing-masing muslim, baik laki-laki maupun perempuan.
 
Disarikan Ayocirebon.com dari baznas.go.id, zakat fitrah wajib ditunaikan setiap jiwa, dengan syarat beragama Islam, hidup saat bulan Ramadan, dan memiliki kelebihan rezeki atau kebutuhan pokok untuk malam dan Hari Raya Idulfitri.
 
"Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah satu sha’ kurma atau satu sha’ gandum atas umat muslim; baik hamba sahaya maupun merdeka, laki-laki maupun perempuan, kecil maupun besar. Beliau saw memerintahkannya dilaksanakan sebelum orang-orang keluar untuk shalat." (HR Bukhari Muslim)
 
Besaran zakat fitrah seberat 2,5 kg atau 3,5 liter beras atau makanan pokok (gandum, kurma, dan bahan pokok yang dikonsumsi di setiap daerah) per jiwa.
 
Nominal zakat fitrah yang ditunaikan dalam bentuk uang menyesuaikan dengan harga beras yang dikonsumsi.
 
Selain untuk menyucikan diri setelah menunaikan ibadah saat Ramadan, zakat fitrah dimaknai pula sebagai bentuk kepedulian serta membagi rasa kebahagiaan dan kemenangan di hari raya kepada kaum dhuafa.
 
Selain berzakat fitrah, sebagai kesempurnaan ibadah, jangan lupa pula melaksanakan salat lima waktu dan berpuasa.
 
Untuk itu, berikut Ayocirebon.com lansir jadwal salat dan imsak untuk wilayah Cirebon dan sekitarnya dari Kementerian Agama (Kemenag) Cirebon pada Minggu (17/5/2020) esok.
Imsak : 04.19 WIB
Subuh: 04.29 WIB
Zuhur : 11.46 WIB
Ashar : 15.06 WIB
Maghrib : 17.39 WIB
Isya : 18.52 WIB
Selamat menjalankan ibadah puasa dan salat.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar