bank bjb
  
Yamaha

Hindari Penularan Covid-19 saat Idulfitri, Majalengka Perpanjang PSBB

  Selasa, 19 Mei 2020   Republika.co.id
Hindari Penularan Covid-19 saat Idulfitri, Majalengka Perpanjang PSBB
Bupati Majalengka Karna Sobahi (tengah). (Ayocirebon.com/Erika Lia)

MAJALENGKA, AYOCIREBON.COM -- Kabupaten Cirebon akan memperpanjang masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). PSBB secara menyeluruh itu akan diajukan pemerintah setempat hingga 2 Juni 2020.

Bupati Majalengka Karna Sobahi menuturkan, alasan pengajuan perpanjangan sendiri berdasarkan hasil rapat koordinasi Forkopimda, Gugus Tugas Covid, Satgas Keagamaan dan elemen masyarakat lainnya.

AYO BACA : PSBB di Indramayu Kembali Diperpanjang sampai 29 Mei

"PSBB tingkat Provinsi Jawa Barat akan habis pada 20 Mei 2020 mendatang dan Pemprov akan menghentikannya. Tapi kami akan mengajukan perpanjangan PSBB ke Kementerian Kesehatan RI," kata Bupati Majalengka Karna Sobahi di Majalengka, Senin (18/5/2020) malam.

Mayoritas semuanya mengusulkan perpanjangan, hal ini kata Karna, agar Majalengka benar-benar aman dari serangan COVID-19. Serta yang paling utama menanamkan kembali kedisiplinan di tengah masyarakat, terkait phycal distancing, protokol kesehatan yang belum sepenuhnya dilaksanakan secara total.

AYO BACA : PSBB Jabar Bikin Gembira, tapi Sebaran Kasus Meluas

"Dari hasil evaluasi PSBB, Majalengka kini sudah masuk zona biru alias aman. Karena kasus pasien dalam pengawasan (PDP) sudah mayoritas sembuh, kasus positif COVID-19 nihil," tuturnya.

Namun, lanjut Karna, karena akan menghadapi lebaran Idulfitri yang mobilitasnya tinggi dan rentan terjadi penyebaran, maka disepakati untuk mengajukan perpanjangan PSBB sampai 2 Juni 2020 mendatang.

Sementara Kapolres Majalengka AKBP Bismo Teguh Prakoso mengatakan jika PSBB dihentikan dikhawatirkan euforia masyarakat berlebihan, sehingga melupakan protokol kesehatan dan tidak disiplin. Padahal kasus COVID-19 kata Bismo, secara Nasional masih cukup tinggi.

"Penularan kan bisa terjadi lewat mana saja. Kita harus tetap waspada angan sampai sekarang ini minim kasus positif dan PDP di Majalengka, kembali meledak jelang dan setelah lebaran," katanya.

AYO BACA : Kenalkan, 'A New Normal Life' untuk PSBB Kota Cirebon Tahap 2


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar