Yamaha

Ayo Gabung, bank bjb syariah Layani Gadai Emas

  Selasa, 19 Mei 2020   Ananda Muhammad Firdaus
ilustrasi. (Pixabay)

BANDUNG, AYOCIREBON.COM -- Di tengah pandemi Covid-19, perekenomian mengalami penurunan yang sangat drastis. Kondisi ini, membuat masyarakat harus tetap survive untuk menutupi kebutuhan hidup.

Salah satu opsi yang ditawarkan oleh lembaga perbankan khususnya syariah adalah gadai emas. Dengan menggadaikan emas, masyarakat bisa mendapatkan rupiah tanpa harus kehilangan emas miliknya.

bank bjb syariah menjadi salah satu perbankan yang menyediakan layanan gadai emas melalui produk Mitra Emas iB Maslahah.

“Mitra Emas iB Maslahah hadir sebagai solusi keuangan terbaik ketika membutuhkan uang tunai, tanpa harus kehilangan emas sebagai investasi berharga,” ujar Direktur Utama bank bjb syariah, Indra Falatehan, dalam keterangan resmi, Selasa (19/5/2020).

Menurutnya, Mitra Emas iB Maslahah adalah produk qardh beragun emas. Dalam hal ini, bank memberikan fasilitas pembiayaan kepada nasabah dengan agunan berupa emas perhiasan, emas batangan (logam mulia) atau koin emas dari nasabah yang bersangkutan dengan mengikuti prinsip qardh dan rahn.

“Barang emas dimaksud ditempatkan dalam penguasaan dan pemeliharaan bank dan atas pemeliharaan tersebut bank mengenakan biaya sewa atas dasar prinsip ijarah,” ujar Indra.

Masyarakat yang berminat bisa mengajukan permohonan pembiayaan Mitra Emas iB Maslahah dengan cukup mudah, yakni perorangan atau badan usaha Indonesia, melampirkan kartu identitas diri yang masih berlaku, mempunyai atau membuka rekening di bank, menyampaikan NPWP untuk pinjaman yang memiliki nilai plafon tertentu sesuai ketentuan yang berlaku.

Persyaratan lainnya adalah menyerahkan barang jaminan yang memenuhi persyaratan, mengisi Formulir Permohonan Gadai (FPG) dan menandatangani akad-akad serta dokumen pendukung.

Mengenai obyek yang diterima sebagai jaminan meliputi emas dalam bentuk perhiasan, koin emas, hingga emas batangan. Objek jaminan tersebut harus berkadar minimal 16 karat.

Nilai pinjaman mulai dari Rp1 juta dengan nilai taksiran 90% untuk emas batangan dan koin serta 85% dari nilai taksiran emas perhiasan dengan pembulatan pinjaman dalam ribuan rupiah ke atas.

Untuk jangka waktu pinjaman minimal satu bulan. Jika jangka waktu sewa atau pinjaman telah berakhir dan nasabah belum melunasi pinjamannya maka diberikan masa tenggang selama 15 hari.

Adapun emas merupakan instrumen investasi yang dinilai paling aman. Soalnya emas memiliki beragam kelebihan seperti kebal inflasi, tidak mudah rusak, modal relatif terjangkau, mudah diperjualbelikan, serta memiliki harga jual yang cenderung meningkat di setiap tahunnya.

Harga emas juga cenderung tidak mengalami pergerakan drastis. Alhasil investasi emas memiliki risiko kerugian sangat rendah. Terlebih emas tidak mengenal pergeseran kualitas.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar