Yamaha

Kasus Pasien Bohongi Dokter dan Tenaga Medis Kembali Terjadi di Majalengka

  Jumat, 22 Mei 2020   Republika.co.id
Ilustrasi pasien Covid.19. (reuters)

MAJALENGKA, AYOCIREBON.COM -- Kasus pasien yang bersikap tak jujur mengenai riwayat perjalanannya, kembali terulang. Kali ini, hal itu dilakukan seorang pasien di RSUD Cideres Kabupaten Majalengka, yang tak jujur menceritakan riwayat perjalanannya yang baru pulang dari zona merah (Bandung).

Akibatnya, pasien dengan keluhan sesak nafas itu hanya dirawat di ruang biasa. Kasus tersebut akhirnya terungkap setelah yang bersangkutan diperiksa lebih lanjut oleh dokter rumah sakit setempat, yang menemukan kejanggalan.

Setelah terungkap mengenai riwayat perjalanannya, pasien pun langsung dilakukan rapid test dengan hasil reaktif. Pasien kemudian diisolasi ke ruangan sesuai dengan Protap Covid-19. 

Hal itu disampaikan Ketua Gugus Tugas Penangangan Percepatan Covid-19 RSUD Cideres, dr Egga Bramasta Akidapi, saat dikonfirmasi terkait viralnya kabar di medsos, yang menyebutkan para perawat di RSUD Cideres diisolasi menyusul ketidakterbukaan pasien yang diduga terpapar Covid-19, Kamis (21/5) malam.

Egga pun membantah kabar mengenai adanya isolasi para perawat maupun tenaga medis, yang terpapar Covid-19 dari seorang pasien yang tidak jujur mengungkapkan penyakitnya."Informasi perawat atau tenaga medis diisolasi itu tidak benar,’’ tegas Egga.

Egga menyatakan, hasil rapid test pasien itu ditindaklanjuti dengan pemeriksaan swab atau PCR. Namun, hasil swab dari Labkesda Provinsi Jawa Barat itu baru akan keluar kurang lebih satu pekan lamanya.

Egga menyatakan, tracing terhadap perawat yang pernah kontak dengan pasien tersebut merupakan langkah antisipasi. Jika nanti hasil swab pasien itu positif, pihaknya akan melakukan isolasi terhadap para perawat tersebut.

‘’Kalau hasilnya negatif, berarti kita aman, tidak diperlukan tindak lanjut lainnya. Kami berharap mudah-mudahan dalam waktu dekat segera keluar, dan hasilnya negatif,’’ jelas Egga. 


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar