Yamaha

Pasien Covid-19 di Kabupaten Cirebon Terus Bertambah, 1 Pasien Karantina Mandiri di Rumah

  Sabtu, 23 Mei 2020   Erika Lia
Ilustrasi ruang isolasi pasien covid-19. (ayobandung/Kavin Faza)

SUMBER, AYOCIREBON.COMĀ -- Jumlah pasien Covid-19 di Kabupaten Cirebon terus bertambah. Per Sabtu (23/5/2020), jumlahnya tercatat 10 orang.

Kasus kesepuluh tercatat merupakan seorang pasien berjenis kelamin laki-laki berusia 43 tahun. Dia diketahui bekerja di Jakarta.

"Berawal dari rapid test, hasilnya reaktif. Kemudian ditindaklanjuti dengan swab dan hasilnya positif," ungkap juru bicara PusatĀ Data dan Informasi Covid-19 Kabupaten Cirebon yang juga Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Nanang Ruhyana.

Meski begitu, pasien tak diisolasi di rumah sakit. Nanang menyebut, pasien menjalani isolasi mandiri di rumah.

Alasannya, tak ada gejala klinis yang ditemukan pada pasien tersebut. Selain itu, pasien tak ditemukan telah berkontak erat dengan siapapun di Kabupaten Cirebon.

Menurutnya, ketika tahu sang pasien terkonfirmasi positif, seluruh anggota keluarga dipindahkan dari rumah. Karena itu, sang pasien kini seorang diri di rumah.

Untuk suplai makanan, sambungnya, keluarga maupun pihak desa mengantarkannya ke rumah yang bersangkutan.

Nanang meyakinkan, metode karantina mandiri bagi pasien Covid-19 semacam itu telah sesuai ketentuan yang berlaku.

"Sudah sesuai pedoman dan protokol," cetusnya.

Dari total sepuluh pasien Covid-19, lima pasien di antaranya telah sembuh. Sementara, tiga pasien masih dalam perawatan dan dua pasien lainnya meninggal dunia.

Total pasien dalam pengawasan (PDP) sampai kini 53 pasien dan orang dalam pemantauan (ODP) 197 orang.

Pihaknya mendata pula, orang tanpa gejala (OTG) sejumlah 74 orang. Sedangkan pelaku perjalanan/pemudik/orang dengan resiko (ODR) mencapai 43.760 orang.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar