Yamaha

Perantau di Jakarta Asal Indramayu Meninggal Dunia, Terkonfirmasi Covid-19

  Senin, 01 Juni 2020   Erika Lia
Ilustrasi. (pixabay)

INDRAMAYU, AYOCIREBON.COM -- Seorang warga Kabupaten Indramayu yang bekerja di Jakarta Utara meninggal dunia. Belakangan diketahui sang pasien terkonfirmasi Covid-19.

Pasien diketahui berjenis kelamin perempuan berusia 36 tahun. Kasus perempuan ini menjadi yang ke-17 di Kabupaten Indramayu.

Kepastian status sang pasien yang terkonfirmasi Covid-19 didasarkan hasil pemeriksaan swab.

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Kabupaten Indramayu, Deden Bonni Koswara mengungkapkan, sang pasien tercatat sebagai warga Kecamatan Koja, Jakarta Utara.

"Yang bersangkutan merupakan warga Kabupaten Indramayu yang sudah lama merantau dan menetap di Jakarta sebagai pekerja swasta," tutur Deden yang juga Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu ini.

Pada 16 Mei 2020, sambungnya, pasien pulang dari Jakarta dalam keadaan sakit dengan gejala demam, batuk, dan sesak nafas.

Pasca dua hari kedatangannya dari Jakarta, pasien mendatangi RS Bhayangkara pada 18 Mei 2020. Dia pun diputuskan menjalani rawat inap sebagai PDP dengan diagnosa Obs dyspneu ec. pneumonia dd covid-19.

AYO BACA : Covid-19 Kembali Serang Pedagang, Pasar Pabuaran Cirebon Ditutup Rabu Ini

"Namun, pada 19 Mei 2020 pagi, pasien dinyatakan meninggal dunia," cetusnya.

Kemudian, dilakukanlah pemulasaran jenazah sesuai protokol Covid-19 dan pasien dimakamkan di daerah asalnya di Indramayu.

Pada 29 Mei 2020, hasil pemeriksaan swab pasien terbit dan terkonfirmasi Covid-19.

Deden mengatakan, penelusuran (tracing) terhadap orang yang pernah kontak erat dengan pasien telah dilakukan.

Pihaknya telah mengedukasi untuk karantina mandiri di rumah. Pemeriksaan swab pun tengah dilakukan.

Kejadian ini pun menambah jumlah pasien terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Indramayu menjadi 17 pasien. Dari jumlah itu, empat orang meninggal dunia.

"Dari 17 pasien terkonfirmasi positif, enam orang sembuh dan empat orang meninggal dunia. Dengan begitu, angka kesembuhannya 35%  dan angka case fatality rate 23%," tuturnya.
 

AYO BACA : Diduga Kerap Berbuat Onar, Kawanan Bermotor di Majalengka Dicokok Polisi


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar