bank bjb
  

328 Calhaj Kota Cirebon Gagal Berangkat Haji Tahun Ini

  Selasa, 02 Juni 2020   Erika Lia
328 Calhaj Kota Cirebon Gagal Berangkat Haji Tahun Ini
Ilustrasi ibadah haji. (GLady/Pixabay )

KESAMBI, AYOCIREBON.COMĀ -- Wabah Covid-19 menyebabkan pembatalan keberangkatan 328 calon jamaah haji (calhaj) asal Kota Cirebon ke Tanah Suci pada 2020.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama Kota Cirebon, Jajang Badruzaman menyebut, Pemerintah Arab Saudi sampai sekarang belum mengumumkan ihwal pembatalan pelaksanaan haji.

Namun, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama tak lagi menanti pengumuman resmi dari Pemerintah Arab Saudi.

"Kementerian Agama RI memutuskan membatalkan keberangkatan ibadah haji tahun ini karena masih pandemi Covid-19," ungkapnya, Selasa (2/6/2020).

Pembatalan ibadah haji pun dilakukan sebab akomodasi seperti transportasi, katering, dan lainnya, belum siap.

Terlebih, waktunya dinilai mepet sehingga perlindungan secara fisik dan kesehatan bagi calhaj dianggap tak memungkinkan.

Dia meyakinkan, ke-328 calhaj telah melunasi biaya haji dan membuat password. Mereka pun diprioritaskan untuk berangkat haji pada 2021.

"Calhaj yang semula akan berangkat pada 2021 rencananya diberangkatkan 2022. Jadi, keberangkatan seluruh calhaj mundur satu tahun," bebernya.

Namun begitu, pihaknya mempersilakan calhaj yang gagal berangkat tahun ini namun telah melunasi pembayaran, untuk mengambil uangnya bila memang membutuhkan.

Permintaan pengambilan uang haji dapat diajukan kepada Badan Penyelenggara Keuangan Haji Indonesia (BPKHI).

"Semua uang pembayaran gaji sudah disetorkan ke BPKHI," ujarnya.

Dia menjelaskan, berlaku prosedur bagi setiap pengajuan permintaan pengambilan uang haji. Pengembalian uang sendiri dilakukan melalui rekening bank calhaj bersangkutan.

Namun, pengambilan uang haji oleh calhaj dibatasi sejumlah Rp10,7 juta. Bila seorang calhaj mengambil seluruh uang pembayaran haji, dianggap membatalkan keikutsertaan ibadah tersebut.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar