Yamaha

Keraton Kasepuhan Cirebon Diguncang Isu Pengambilalihan Tahta

  Senin, 29 Juni 2020   Erika Lia
Rahardjo menunjukkan foto Sultan Sepuh XI bersama sebagian anak-anaknya. (Ayocirebon.com/Erika Lia)

LEMAHWUNGKUK, AYOCIREBON.COM -- Aksi seorang pria yang 'mengambilalih' ke Keraton Kasepuhan Cirebon menghebohkan jagat maya. Tak sekedar melakukan sejumlah hal di keraton, dia pun mengaku sebagai keturunan keraton yang sah menduduki kursi sultan sepuh.

Beberapa video yang beredar melalui aplikasi perpesanan WhatsApp itu di antaranya menunjukkan pria yang belakangan diketahui bernama Rahardjo itu berniat mengukuhkan dirinya sebagai pewaris sah Keraton Kasepuhan.

Salah satu video menunjukkan Rahardjo menurunkan foto Sultan Sepuh XIV Pangeran Raja Adipati Arief Natadiningrat dan permaisuri, Raden Ayu Syariefah Isye, yang ada dalam keraton.

Video lain menunjukkan Rahardjo memasang gembok pada pintu yang menuju Dalem Arum yang biasa digunakan sultan sepuh menerima tamu atau mengadakan pertemuan penting.

Terekam pula sebuah video berisi pernyataan Rahardjo yang disampaikannya di Dalem Arum. Pernyataan itu berupa klaim atas dirinya serta pengambilalihan kekuasan dari Sultan Sepuh Arief.

"Kami keturunan asli dari Sultan sepuh XI (tak jelas penyebutan nama sultan bersangkutan) mengambilalih Keraton Kasepuhan dari tangan kekuasaan Sultan Arief. Demikian statement ini kami buat dan ini untuk disebarluaskan kepada kalangan Pemerintah di Cirebon, Pemerintah di Jabar, dan masyarakat Kota Cirebon".

Seluruh video direkam Sabtu (27/6/2020) dan telah mengundang ketertarikan banyak pihak. Sultan Sepuh XI sendiri diketahui bernama Tadjul Arifin Djamaluddin Aluda Mohammad Samsudin Radjanatadiningrat.

sejarah-peteng-rahardjo2
Rahardjo menunjukkan silsilah keluarga Keraton Kasepuhan. (Ayocirebon.com/Erika Lia)

Kepada sejumlah media massa, pria itu mengklaim sebagai cucu dari istri kedua Sultan Sepuh XI Tadjul Arifin Djamaluddin Aluda Mohammad Samsudin Radjanatadiningrat bernama Nyi Mas Rukiah.

Dari pernikahannya dengan Sultan Sepuh XI, Nyi Mas Rukiah, sebagaimana silsilah yang ditunjukkan Rahardjo, dikaruniai 4 anak, salah satunya Ratu Mas Dolly Manawijah. Rahardjo merupakan anak pertama dari 3 bersaudara hasil pernikahan Ratu Mas Dolly Manawijah bersama seorang pria.

Datang dari Jakarta, dia mengaku telah mempertimbangkan segala perbuatannya di dalam keraton. Menurutnya, tindakan itu sudah direncanakan sejak Maret lalu.

"Tapi, karena ada PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) baru sekarang dilakukan," tuturnya.

Dia menyatakan, sekitar lima tahun lalu pernah meminta kepada Sultan Sepuh Arief untuk berdialog. Namun, permintaan itu ditolak tanpa penjelasan.

Dalam kesempatan itu, dia pun menyesalkan kondisi keraton yang dinilainya tak terawat.

"Bangsal kotor, ada bekas puntung rokok. Kotoran kelelawar berkerak sampai tak bisa dibersihkan, dan debu juga tebal," cetusnya.

Saat kejadian itu sendiri, Sultan Sepuh Arief diketahui tengah menjalani perawatan di Bandung akibat sakit yang dideritanya.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar