Yamaha

Bikin Hoaks Demi Uang Youtube, Warga Cirebon Diamankan Polisi

  Kamis, 09 Juli 2020   Mildan Abdalloh
ilustrasi. (Pixabay)

BANDUNG, AYOCIREBON.COM -- Jam tanyang dan subscribe menjadi syarat utama agar akun YouTube bisa dimonetisasi dan menghasilkan uang.

Demi mengejar jam tayang dan subsribe YouTube, seorang pria asal Kota Cirebon inisial IA melakukan manipulasi video yang beberapa hari lalu sempat viral.

Video bohong yang dibuat IA adalah proses penembakan terhadap seseorang secara brutal. Dalam narasi, IA menyebutkan jika kejadian penembakan tersebut dilakukan oleh Buser saat menangkap pelaku perampokan dan pembacokan sopir truk di Rancaekek, Kabupaten Bandung.

"Saya download video dari halaman Facebook mata dunia. Saya edit sedikit. Saya salin tulisannya kemudian diunggah ke YouTube," ujar IA di Mapolresta Bandung, Kamis (9/7/2020).

Pria berusia 43 tahun tersebut mengaku tidak mengetahui asal muasal video yang didownloadnya, namun video seperti itu selalu viral dan bisa mendongkrak jam tayang akun YouTube miliknya yang diberi nama Harian Viral.

"Untuk mencari jam tayang, juga subscriber," ucapnya.

Belakangan, kejadian penembakan seseorang tersebut diketahui terjadi di Meksiko. Dalam melakukan penangkapan terhadap pelaku kriminal, kepolisian memiliki protap yang jelas, sementara adegan dalam video yang disebar IA melenceng dari protap penangkapan atau penindakan terhadap pelaku kejahatan.

"IA kami amankan tadi malam setelah kami melakukan penelusuran penyebar video tersebut," ujar Kapolresta Bandung Kombes Pol Hendra Kurniawan.

Atas perbuatannya, IA terancam dua tahun penjara karena telah menebarkan konten bohong alias hoaks.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar