Yamaha

Petambak Udang Vaname di Kabupaten Cirebon Panen 1 Ton

  Jumat, 10 Juli 2020   Erika Lia
Panen udang vaname hasil budidaya petambak binaan Cirebon Power di Kabupaten Cirebon capai 1 ton. (Ayocirebon.com/Istimewa)

ASTANAJAPURA, AYOCIREBON.COM -- Toangga, warga Desa Citemu, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, riang bukan kepalang kala meraup panen 1 ton udang.

Ketua Kelompok Budidaya Udang Vaname yang merupakan mitra binaan Cirebon Power itu mengaku, bukan hal mudah mencapai hasil tersebut. Setelah kelompoknya sempat gagal 2 kali, pada kali ketiga panen mereka sukses besar.

"Alhamdulillah, sekarang bisa panen. Senang sekali," ungkap pria yang akrab disapa Angga ini, Jumat (10/7/2020).

Menurutnya, keberhasilan itu tak lepas dari andil Cirebon Power melalui dukungan kepada kelompoknya, baik dari segi fasilitas hingga pendampingan kepada tim ahli.

Memanfaatkan tambak seluas 50x12 meter yang berlokasi tak jauh dari pembangkit Cirebon Power, dia bersama sejumlah anggota kelompoknya membudidayakan benur udang vaname sebanyak 70 ribu benih.

Setelah dibudidaya selama tiga bulan, mereka akhirnya memanen hasilnya dan telah dipesan pedagang dari Kabupaten Indramayu.

"Hasil panen sekitar 1 ton, langsung dipesan pedagang Indramayu dan diangkut," tuturnya.

Kegembiraan serupa dialami pula Carwita, anggota kelompok yang terlibat terlibat budidaya udang vaname. Dua kali kegagalan panen udang masih terekam di benaknya.

"Kegagalan pertama udangnya tak berkembang, sedangkan kegagalan kedua karena bibitnya mati dalam waktu 5 hari. Alhamdulillah yang ke-3 ini berhasil," paparnya.

Toangga dan Carwita pun mengapresiasi bantuan Cirebon Power. Selain pembiayaan, Cirebon Power pul membantu pembuatan kincir air, terpal tambak, instalasi listrik, dan masukan yang produktif.

Carwita bahkan sempat mengikuti studi banding ke salah satu petambak di Pemalang, Jawa Tengah, yang difasilitasi Cirebon Power.

"Awalnya untuk menjalankan kincir air menggunakan solar dan ternyata boros. Setelah kunjungan ke Pemalang, mereka menggunakan listrik dan kami pun ubah pakai listrik," bebernya mengisahkan pengalaman saat studi banding.

Senior Corporate Affairs Manager Cirebon Power Yusuf Arianto menerangkan, pihaknya memiliki program untuk mengembangkan mata pencarian masyarakat.

"Salah satunya dukungan terhadap budidaya udang vaname ini," katanya.

Dia menyebutkan, dukungan pihaknya antara lain pembiayaan dan pinjaman dana bergulir. Ketika sudah dibayarkan, imbuhnya, dana bergulir akan kembali digunakan untuk mendukung kegiatan ini kembali.

Pihaknya berharap, budidaya tersebut bisa berkembang dan menambah jumlah tambak yang digunakan. Ilmu melalui pengalaman yang mereka peroleh pun diharapkan dapat dibagi kepada masyarakat lain.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar